Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku ajar mata pelajaran akuntansi dasar kelas X pada materi penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur dengan menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, dan menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap penyebaran atau disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata kelayakan dari para ahli senilai 88,38% dengan kategori Sangat Layak. Komponen kelayakan isi materi memperoleh hasil kelayakan senilai 88,46% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan penyajian materi memperoleh hasil kelayakan senilai 89,09% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan kegrafisan memperoleh hasil kelayakan senilai 85,46% dengan kategori Sangat Layak, dan komponen kelayakan kebahasaan memperoleh hasil kelayakan senilai 92,85% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba produk juga menunjukkan buku ajar yang dikembangkan mendapat respon positif dari peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil respon peserta didik senilai 90,41% dengan kategori Sangat Memahami.
Kata Kunci: Buku Ajar, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Dasar.
This development research aims to produce a product in the form of textbooks on class X basic accounting subjects in the material for preparing financial statements of manufacturing companies using the scientific approach. The purpose of this study was to analyze the process of developing textbooks, analyzing the feasibility of textbooks, and analyzing the responses of students to developed textbooks. This development study uses a model of Four-D development by Thiagarajan without performing the disseminate stage. The subject of this study was the tenth grade students of SMK Negeri 10 Surabaya. The results of this study show the results of the average feasibility of the experts worth 88,38% with the category of Very Eligible. The feasibility component of the material obtained the feasibility result worth 88,46% with the Very Worthy category, the feasibility component of material presentation obtained the feasibility result worth 89,09% with the Very Worthy category, the component of graphic eligibility obtained the feasibility result worth 85,46% with the Very Worth category and the language feasibility component obtained the feasibility result worth 92,85% with the Very Worthy category. The product trial also showed that the developed textbook received a positive response from students, this was indicated by the acquisition of student response results worth 90,41% in the category of Very Understanding.
Keyword: Textbook, Scientific Approach, Basic Accounting.