Nama : Fathurrahman Makarim Subiyakto
NIM : 15020774067
Jurusan : Bahasa dan Sastra Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Mintowati, M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci : bingo, media pembelajaran, menyusun kalimat
Dalam pembelajaran peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Sidoarjo ditemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin. Salah satu faktor yang menyebabkan yaitu jarangnya guru menggunakan media pembelajaran saat menyampaikan sutau materi, akibatnya peserta didik akan merasa cepat bosan dan tidak terlalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan penerapan media permainan bingo terhadap pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana deskripsi penerapan media pembelajaran permaian bingo terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin, mendeskripsikan pengaruh penerapan media permainan bingo terhadap pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin serta mendeskripsikan bagaimana tanggapan peserta didik terhadap penerapan media permainan bingo dalam menyusun kalimat.
Penelitian ini merupakan penellitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimen true eksperiment design. Populasi pada penelitian ini menggunakan peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Sidoarjo serta menggunakan sampel kelas X MIPA 1 (35 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 (35 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian yang dilakukan berlangsung selama empat kali pertemuan, yang setiap pertemuan berlangsung selama 2x45 menit. Pertemuan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung berlangsung selama dua kali pertemuan dan pada kelas eksperimen yang menerapkan penerapan media permainan bingo juga berlangsung selama dua kali pertemuan.
Berikut ini merupakan hasil analisis yang berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini. Hasil dari rumusan masalah yang pertama dapat dilihat melalui hasil lembar observasi guru pada pertemuan pertama di kelas eksperimen X MIPA 2 menghasilkan pesentase sebesar 84 % dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 87%. Kemudian hasil lembar observasi aktivitas peserta didik di kelas eksperimen X MIPA 2 pada pertemuan pertama mendapatkan persentase sebsar 87% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 92%. Hasil persentase tersebut jika dilihat melalui skala Likert berada pada kategori sangat baik, hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media permainan bingo terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin memberikan pengaruh yang baik bagi pembelajaran.
Selanjutnya hasil jawaban dari rumusan masalah yang kedua yaitu hasil pre test dan post test yang telah dianalisis. Hasil pre test dan post test yang telah dianalisis pada kelas eksperimen X MIPA 2 memperoleh to = 5,67 dan db = 68 diketahui ts = 0,05 =1,67 menunjukkan bahwa (5,67>1,67). Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media permainan bingo berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin karena jika dilihat berdasarkan klasifikasi penerimaan hipotesis, dijelaskan bahwa ditolak dan diterima apabila > ( ) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan bingo berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sidoarjo sangat baik.
Rumusan masalah yang ketiga berupa angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan media permainan bingo untuk menguasai kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin. Hasil angket tanggapan peserta didik pada 8 butir angket semuanya berada pada rentang persentase 81% -100%, hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media permainan bingo mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari peserta didik dan mampu diterapkan untuk pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin.
Name : Fathurrahman Makarim Subiyakto
Student Number : 15020774067
Major Department : Chinese Language and Litterature
Faculty : Language and art
Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Mintowati, M.Pd.
Year : 2019
Keywords : bingo, learning media, composing sentences
In learning the students of class X MIPA State Senior High School 2 of Sidoarjo found students who have difficulty in learning compose Chinese sentences. One of the factors that cause is that teachers rarely use learning media when delivering material, as a result students will feel quickly bored and not too eager to take part in learning. To overcome these problems, researchers applied the use of media bingo games to learning to compose Chinese sentences. The purpose of this study is to find out how the description of the application of bingo game learning media to the ability to arrange Chinese sentences, this study will describe the effect of using bingo games on learning to compose Chinese sentences and describe how students respond to the use of bingo games in composing sentences.
This research is a quantitative research using the experimental design of true experimental design. The population in this study used students of class X MIPA State Senior High School 2 of Sidoarjo and used samples of class X MIPA 1 (35 students) as the experimental class and X MIPA 2 (35 students) as the control class. The research took place for four meetings, each meeting lasting 2x45 minutes. The meeting in the control class using the direct learning method lasted for two meetings and in the experimental class that applied the use of media bingo games also took place for two meetings.
The following is the result of the analysis based on the formulation of the problem in this study. The results of the first problem formulation can be seen through the results of the teacher observation sheet at the first meeting in the experimental class X MIPA 2 resulting in a percentage of 84% and an increase in the second meeting to 87%. Then the results of the observation sheet activities of students in the experimental class X MIPA 2 at the first meeting received a percentage of 87% and at the second meeting increased to 92%. The results of these percentages when viewed through the Likert scale is in a very good category, this proves that the application of media bingo games to the ability to compose Chinese sentences has a good impact on learning.
Then the results of the answers to the second problem formulation are the results of the pre test and post test that have been analyzed. The results of the pre-test and post-test that were analyzed in the experimental class X MIPA 2 obtained to = 5.67 and db = 68. It was known that ts = 0.05 = 1.67 showed that (5.67> 1.67). This proves that the application of bingo game media influences the ability to compose Chinese sentences because when viewed based on the hypothesis acceptance classification, it is explained that Ho is rejected and Ha is accepted if > ( ) so it can be concluded that the effectiveness of the media is influential towards the ability to compose Chinese sentences for students of class X MIPA 1 State Senior High School 2 of Sidoarjo very well.
The third problem formulation is in the form of questionnaires for students' responses to the application of bingo game media to master the ability to compose Chinese sentences. The results of the questionnaire responses of the students on the 8 questionnaire items were all in the range of 81% -100%, this proved that the application of the bingo game media received a very good response from the students and was able to be applied for learning to compose Chinese sentences.