Kajian Tanggapan Tertulis Korektif pada Karya Tulis Siswa SMP Al Falah Sidoarjo
The Study of Corrective Written Feedbacks in Students’ Written Works in Al Falah Junior High School Sidoarjo
ABSTRAK
Dalam menulis, feedback dapat diartikan sebagai masukan dari seorang guru kepada siswa dengan efek memberikan informasi kepada siswa untuk direvisi. Banyak penelitian telah dilakukan tentang pengaruh jenis feedback pada tulisan peserta didik. Banyak dari mereka melaporkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada komposisi tulisan yang dibuat oleh siswa yang diberi feedback tertulis korektif tidak langsung. Ada satu penelitian yang mengamati penerapan feedback tertulis korektif tidak langsung oleh guru bahasa Inggris profesional di SMP swasta di Sidoarjo. Namun, penelitian ini tidak mengamati guru lain di sekolah yang mungkin memberikan feedback yang sama atau berbeda. Selanjutnya dalam proses belajar mengajar menulis harus ada lebih dari satu feedback yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui macam-macam feedback yang diberikan guru dan alasan pemberiannya. Selanjutnya akan mengamati hasil karya tulis siswa.
Kata Kunci: feedback tertulis korektif langsung, feedback tertulis korektif tidak langsung, tulisan siswa.
ABSTRACT
In writing, feedback can be defined as input from a teacher to the students with the effect of providing information to the students for revision. Many studies have been conducted on the effect of the type of feedback on learners’ writing. Many of them reported that there is significant improvement in students’ composition made by the students who are given indirect corrective written feedback. There is one research that observed the implementation of indirect corrective written feedback by professional English teacher in in a private junior high school in Sidoarjo. However, the research does not observe another teacher in the school that may give the same or different kinds of feedback. Furthermore, in teaching and learning process of writing there must be more than one feedback given by the teacher. Hence, this research wants to find out kinds of feedback the teacher gave and the reason for giving it. Furthermore, it will observe the result of students’ written products.
Kata Kunci: indirect corrective feedback, direct feedback, written feedback, writing products.