Fauziah, Rayhani . 202 1 . Pengaruh Strategi Contextual
Teaching and Learning dengan Media Berbasis
Online Terhadap
Kreativitas dan Hasil Belajar M ateri Desain Berbasis Vektor bagi Siswa Kelas X di SM K N Gresik . Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: ( I ) Prof. Dr. Yatim Riyanto , M.Pd. dan (II) Dr. Fajar
Arianto, M.Pd.
Kata
kunci: contextual
teaching and learning, kreativitas,
hasil belajar
Penelitian ini ber tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh strategi contextual
teaching and learning terhadap kreativitas, dan (2) mengetahui pengaruh strategi contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis bagi kelas X di SM K N Gresik . Kreativitas pada
penelitian ini dapat dilihat berdasarkan hasil karya desain logo produk
orisinil siswa yang disesuaikan dengan tema. Hasil belajar yang diharapkan
adalah peningkatan nilai kognitif siswa sesuai dengan gaya
belajar mereka .
Desain penelitian menggunakan Quasi
Experiment
dengan rancangan Nonequivalent Control
Group Design -pretest posttest . Subyek penelitian
berjumlah 140 siswa , terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 7 0 siswa dan kelas kontrol sejumlah 7 0 siswa . Pengumpulan data
menggunakan instrumen rubrik penilaian kreativitas
dan tes hasil belajar . Teknik
analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan t-test .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kreativitas siswa didasarkan pada
pembuatan karya
desain logo produk usaha yang diketahui dengan contextual
teaching and learning memp eroleh hasil rata-rata 9 , 94 lebih besar j ika dibandingkan dengan task based learning yaitu 9,0 8 . Pengaruh strategi contextual teaching and
learning terhadap kreativitas siswa men unjukkan hasil penilaian kreativitas yang lebih baik dibandingkan dengan
model task based learning , (2) hasil penilaian hasil belajar strategi contextual
teaching and learning lebih baik dengan rata-rata 82 ,7 6 apabila dibandingkan model task
based learning 7 3,0 7 . Pengaruh
strategi contextual
teaching and learning terhadap hasil
belajar siswa dapat
ditinjau dari bagaimana siswa kelas
eksperimen memperoleh
hasil yang lebih baik dalam perolehan nilai tes hasil belajar dibandingkan siswa kelompok kontrol yang
menggunakan model task based learning.