ABSTRAK
Anam, Khoirul. 2019. Persepsi Guru tentang Materi Otentik dan Implementasinya di Kelas. Tesis, Pascasarjana di Program Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Ahmad Munir, Ph.D., (2) Syafiul Anam, Ph.D.
Kata kunci: persepsi guru, materi otentik, implementasi
Materi otentik adalah salah satu bahan umum dalam pengajaran bahasa Inggris. Sebagian besar guru biasanya menggunakannya untuk diimplementasikan ke dalam kelas mereka. Salah satu alasan guru menggunakannya di kelas adalah untuk memberi siswa contoh penggunaan yang sebenarnya tentang bahasa Inggris dalam kehidupan sosial. Selain dari materi otentik, para guru juga biasanya menggunakan buku pelajaran. Itu karena buku pelajaran memberi kemudah bagi para guru dalam penggunaannya di kelas dan juga bagi siswa untuk belajar di rumah.
Dalam menerapkan materi otentik tidak semudah menggunakan buku pelajaran. Para guru perlu lebih kreatif untuk memilih dan memodifikasi materi otentik untuk dapat diimplementasikan. Itu karena materi otentik tidak diproduksi untuk tujuan pedagogis. Jadi, dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari persepsi guru dalam menggunakan materi otentik di kelas, alasan guru tentang persepsi itu, dan juga cara guru ketika menerapkan materi otentik di dalam kelas.
Mengenai tujuan di atas, penelitian kualitatif sangat tepat untuk dilakukan dalam penelitian ini. Hal ini untuk mendapatkan data yang mendalam dari subjek penelitian. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Dengan wawancara, ia mendapat jawaban dari semua pertanyaan penelitian. Dan dengan pengamatan, mendapat data pendukung dari wawancara. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan teori Dornyei untuk menganalisis data. Dimulai dari menyalin data, mengkode, memunculkan idea, menginterpretasi data, dan menggambar kesimpulan.
Hasil dari penelitian menemukan bahwa sebagian besar guru memberikan respons positif tentang penggunaan bahan otentik dalam pengajaran mereka. Mereka menganggap bahwa materi otentik sangat penting untuk diterapkan di dalam kelas. Para guru juga menikmati selama pelaksanaan materi otentik. Mereka juga merasakan bahwa materi otentik sangat mudah didapat. Dan, persepsi terakhir adalah beberapa materi otentik sangat sulit bagi siswa.
Untuk kesimpulan, sebagian besar guru setuju tentang penggunaan bahan otentik untuk mengajar bahasa Inggris. Di luar pentingnya materi otentik, para guru hanya menggunakan beberapa materi otentik yang memberikan hiburan kepada siswa seperti lagu dan film. Para guru jarang menggunakan jenis bahan otentik yang berisi teks seperti koran, majalah dan artikel. Itu dikarenakan terdapat kesulitan kata-kata yang digunakan dalam teks tersebut. Sebagian besar guru juga menggunakan jenis materi otentik hanya untuk menjadi bahan pelengkap selain menggunakan bahan buku pelajaran.
ABSTRACT
Anam, Khoirul. 2019. Teachers’ Perception about Authentic Materials and Their Implementation in the Classroom. Thesis, post graduate in language and literature education program, Surabaya State University. Advisors (1) Ahmad Munir, Ph.D., (2) Syafiul Anam, Ph.D.
Keywords: teachers’ perception, authentic materials, implementation
Authentic materials are one of common materials in teaching English. Most of teacher usually use them to be implemented into their classroom. One of the reasons of the teachers they use it in the classroom is in order to give the students example of the real use of English in social life. Other than authentic materials, the teachers also usually use textbook. It is because textbook gives much easier for the teachers to use it in the classroom and also for the students to studied at home.
In implementing the authentic materials is not as easy as using textbook. The teachers need to be creative to select and modify the authentic materials to be able to be implemented. It is because the authentic materials are not produced for pedagogical purposes. So, in this study, the objectives of the researcher are to seek about the perception of using authentic materials in the classroom, the reasons of the teachers about the perception, and also the way of the teachers when implementing the authentic materials in the classroom.
Regarding the objectives above, the qualitative research is appropriate to be conducted in this study. It is in order to get the deep data from the research subject. To get the data, this study uses interview and observation. By the interview, it gets the answer of all the research questions. And by the observation, it gets the supporting data from the interview. For data analysis, this study uses Dornyei theory to analyze the data. It is started from transcribing the data, coding, growing ideas, interpreting the data, and drawing conclusion.
The result of the research found that most of the teachers give positive response about using authentic materials in their teaching. They perceive that authentic materials are very important to be implemented in the classroom. The teachers also enjoy during the implementation of the authentic materials. They also perceive that authentic materials are very easy to get. And, the last perception is some of the authentic materials are very difficult for the students.
For the conclusions, most of teachers are agree about the use of authentic materials for teaching English. Beyond the importance of the authentic materials, the teachers only use several authentic materials that provide entertaining to the students like song and movies. The teachers rarely used kinds of authentic materials that contains text like newspaper, magazine and article in order to the difficulties of the words used in the text. Most of the teachers use kinds of authentic materials just to be supplementary materials other than using textbook materials.