ABSTRAK
PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT
SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA
KELAS X SMK PGRI 13 SURABAYA
Nama :
Desi Rahmawati Subroto
NIM :
15020774040
Prodi :
Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas :
Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A .
Tahun :
2019
Kata Kunci :Model
Pembelajaran, Model Pembelajaran Concept
Sentence, Keterampilan Menulis
Menulis
termasuk ke dalam salah satu keterampilan berbahasa. Untuk menguasai
keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin diperlukan adanya
latihan dan praktek yang dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang. Oleh
sebab itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang lebih bervariasi dalam
kegiatan belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariasi
seringkali berhasil untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Sehubungan hal
tersebut dalam penelitian ini peneliti menggunakan Concept Sentence sesuai dengan tujuan penelitian untuk mengetahui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana
bahasa Mandarin, keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dalam pembelajaran
menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin, dan respon siswa kelas X SMK PGRI 13
Surabaya terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana
bahasa Mandarin.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan desain true experimental design atau eksperimen
murni, yaitu desain dengan adanya kelompok lain sebagai pembanding dari
kelompok eksperimen yang biasa dikenal dengan kelompok kontrol. Bentuk true experimental design yang digunakan
dalam penelitian ini adalah desain control
group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X SMK PGRI 13 Surabaya sebanyak 6 kelas dengan 4 jurusan berbeda. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas X BDP SMK PGRI 13 Surabaya sebagai kelas eksperimen
dan kelas X DKV SMK PGRI 13 Surabaya sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel random atau sampel
acak. Dalam penelitian ini terdapat 3 lembar instrumen penelitian yaitu, lembar
observasi aktivitas guru dan siswa, lembar pre-test
dan post-test , dan lembar angket
respon atau tanggapan siswa.
Hasil
analisis yang telah dilakukan mampu menjawab semua rumusan masalah dalam
penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Concept Sentence berjalan
dengan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat pada skala likert . Hasil lembar observasi aktivitas guru pada pembelajaran pertemuan
pertama dan pertemuan kedua di kelas eksperimen memperoleh hasil presentase
sebesar 82,7%. Dan hasil lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan
pertama dan pertemuan kedua memperoleh hasil presentase 87,5%. Dari perhitungan
analisis data tes didapatkan t0 =2,3
dan db =44. Selanjutnya dibandingkan
dengan melihat tabel T nilai taraf signifikansi 5%. Dengan t0 =2,3 dan db =44,
maka dapat diketahui bahwa ts
0,05=1,68 dan menunjukkan t lebih besar dari t tabel yaitu (1,68<2,3)
menunjukkan bahwa t0
signifikan. Dari hasil perhitungan yang didapatkan setelah melakukan analisis
nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen adalah
2,3 ≥ (0,05, 44) = 1,68, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah
diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dalam pembelajaran
menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin pada kelas eksperimen terdapat adanya
perbedaan yang signifikan. Selanjutnya hasil analisis angket respon siswa
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence efektif dan memberikan dampak positif untuk
digunakan dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin. Hal
tersebut ditunjukkan dengan hasil angket respon siswa yang menunjukkan
presentase pada aspek 1 mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe
Concept Sentence didapatkan
presentase sebesar 64,3%, jika dilihat pada skala likert maka hasil tersebut termasuk ke dalam penilaian baik yaitu
61%-80%. Pada aspek 2 mengenai
ketertarikan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence didapatkan presentase
sebesar 74,6%, jika dilihat pada skala likert
maka hasil tersebut termasuk ke dalam penilaian baik yaitu 61%-80%. Pada
aspek 3 mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dalam pembelajaran
menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin didapatkan hasil 70,1%, jika dilihat
pada skala likert maka hasil tersebut
termasuk ke dalam penilaian baik yaitu 61%-80%.