ABSTRAK
STRUKTUR DAN TEKSTUR LAKON NAGIH JANJI LUDRUK KARTIKA WIJAYA DI DESA SIMPANG KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO.
Nama : Robby Tio Wijaya
NIM : 13020134088
Program Studi : Pendidikan Sendratasik
Jurusan : Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Autar Abdillah, S.Sn.,M.Si.
Penelitian ini menjelasakan tentang Struktur Dan Tekstur Lakon Nagih Janji Ludruk Kartika Wijaya Sidoarjo. Penelitian ini penting karena didalam lakon Nagih Janji menceritakan masyarakat sekitar Ludruk Kartika Wijaya yang mempercayai persugihan (bersekutu dengan setan). Lakon Nagih Janji bertujuan untuk menginggatkan kepada masyarakat jangan sampai terjerumus dalam hal semacam itu, bukan menambah untung melainkan membawah malapetaka.
Metode penelitian adalah Kualitatif. Metode untuk menganalisis lakon Nagih Janji yakni analisis struktur dan tekstur. Struktur dibagi menjadi tiga bagian, yakni plot, tema, dan karakter, Untuk menganalisis tekstur peneliti melihat pertunjukan, karena didalam tekstur meliputi suasana, dialog, dan spetakel. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana struktur lakon Nagih Janji Ludruk Kartika Wijaya Sidoarjo? Bagaimana penerapan lakon dalam naskah Nagih Janji Ludruk Kartika Wijaya Sidoarjo?
Plot yang digunakan mengkaji lakon Nagih Janji adalah Aristoteles, yang termasuk dalam jenis simple plot atau plot sederhana, memiliki satu alur cerita dan satu konflik yang bergerak dari awal sampai ahir atau disebut plot linier. Tema lakon Nagih Janji adalah perpaduan cerita Siluman Macan Putih dan keadaan lingkungan sekitar pencipta lakon Nagih Janji, yakni cak Gandu, permasalahan dari lakon Nagih Janji merupakan persoalan ekonomi, dan persekutuan dengan setan. Karakter dari lakon Nagih Janji berbeda-beda, akan tetapi dari karakter satu dan yang lain saling berhubungan untuk mencapai penyampaian isi pesan dari lakon Nagih Janji.
Tekstur terbagi menjadi tiga yaitu dialog, suasana, dan spectacle. Dialog dan bahasa yang digunakan lakon Nagih Janji bahasa Jawa halus dan dialek Jawa Arek,, bahasa keseharian , bahasa Indonesia, berbagai macam bahasa yang dipakai dilakon Nagih Janji. Suasana yang terdapat dari lakon Nagih Janji ada tiga yakni Susana tegang, gembira, dan sedih. Suasana tegang lakon Nagih Janji terlihat saat tokoh utama Jamal yang melakukan persekutuan dengan Buto. Suasana gembira lakon Nagih Janji Nampak ketika Jamal sudah menjadi orang kaya dan berkumpul dengan anak beserta istrinya. Suasana sedih lakon Nagih Janji muncul ketika kedua anak Jamal meninggal dunia karena ulah dari Jamal. Spectacle dari lakon Nagih Janji ditujukan pada tokoh antagonis yaitu Buto karena kemunculan Buto mencuri daya tarik terhadap penonton mulai dari teknik muncul hingga keluar panggung.
Kata Kunci: Struktur, Tekstur, Lakon Nagih Janji
ABSTRACT
STRUCTURE AND TEXTURE LAKON NAGIH PROMISE LUDRUK KARTIKA WIJAYA IN VILLAGES SIMPANG DISTRICT PRAMBON SIDOARJO DISTRICT.
Name of Student : Robby Tio Wijaya
Nim : 13020134088
Prodi / School : Sendratasik / Sendratasik Education
Name of Institution : Universitas Negeri Surabaya
Counselor : Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si
Year : 2018
This research explains the structure and textures from the script of nagih janji ludruk Kartika Wijaya Sidoarjo. This research is important because in the script of nagih janji tells about the society around ludruk Kartika Wijaya that believe in “pesugihan” or the alliance with the demon. The script nagih janji has the purpose to reminds the society to not compromise with that kind of thing, because it can cause destruction to themselves.
The research method is Qualitative. The method for analyzing the script of nagih janji is structure and texture analyze. The structure are divided into three parts those are plot, theme, and c
haracter. For analyzing the texture researcher see the show because of the texture itself are including atmosphere, dialogue, and spectacle. The research problem formulation is how the structure of the script nagih janji ludruk Kartika Wijaya Sidoarjo? How the application from the script of nagih janji ludruk Kartika Wijaya Sidoarjo?
The Plot that used to study the script nagih janji is Aristoteles, which include into the simple plot, has only one storyline and one conflict that move from the beginning until the end or also called Linier plot. The theme of the script nagih janji is the combination from the story of Siluman Macan Putih and also from the condition of the surrounding environment of the nagih janji’s script creator, Mr. Gandu, the problems in the script of nagih janji are an economic problem and the alliance with the demon. The characters from the script of nagih janji are different, but from the one and the others are connected to achieve the delivery of message content from the script of nagih janji.
The texture are divided into three parts those are dialogue, atmosphere, and spectacle. The dialogue and language that used in the script of nagih janji are smooth Javanese language and Javanese teenager dialect, daily language, Indonesian language, various language are used in the script of nagih janji. The atmospheres that can be found in the script of nagih janji are intense, happy, and sad. The intense atmosphere from the script nagih janji can be seen when the main character, Jamal is having the deals with Buto. The happy atmosphere from the script nagih janji can be seen when Jamal is already become the rich person and united with his wife and his kids. The sad atmosphere from the script of nagih janji appears when both two children of Jamal are dead because of Jamal’s himself. The spectacle from the script of nagih janji refers to the antagonist character, Buto because the Buto’s appearance steals the attractiveness for the audiences, from his showing technique until his stage exit.
Keywords: structure, texture, the script of nagih janji