Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Minat Kewirausahaan Taruna
Factors Influencing Cadet for Entrepreneurship Interests
Sekolah Vokasi Perhubungan Udara kerap dilekatkan sebagai sekolah kedinasan di mana para lulusannya sudah terjamin akan siap kerja setelah menyelesaikan pendidikannya. Nyatanya, banyak lulusan dihadapkan pada kondisi yang sebaliknya. Tidak semua lulusan akan langsung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang digelutinya saat menempuh pendidikan di Sekolah Vokasi Perhubungan Udara.
Dalam kondisi tersebut, para lulusan dituntut untuk mempunyai kemampuan lain agar bisa bersaing di dunia kerja, misalnya kemampuan untuk berwirausaha. Peran pendidik dibutuhkan untuk mengubah pola pikir para lulusan yang bergelar job seeker menjadi job creator. Untuk mencapai tujuan ini dibutuhkannya peran pendidikan melalui pengembangan kurikulum kewirausahaan.
Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Sebagai upaya kesiapan sekolah vokasi di bawah Kementerian Perhubungan Udara dalam melakukan proses pendidikan kewirausahaan harus menganilisis faktor yang berpengaruh terhadap minat dan kesiapan para taruna dalam bidang kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh langsung atau tidak langsung faktor internal dan eksternal terhadap minat serta kesiapan wirausaha. Penelitian ini menggunakan data primer, kuesioner melalui Google Form dengan jumlah 416 responden, metode proporsional random sampling dan alat analisis Sructural Equation Modeling (SEM)
Terdapat enam variabel dalam penelitian ini, yaitu minat, efikasi diri, pengetahuan, motivasi, karakter, dan kesiapan. Berdasarkan teori yang mendasari penelitian ini, variabel tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu variabel eksogen (exogen variable) dan variabel endogen (endogen variable). Variabel eksogen (exogen variable) adalah variabel yang memengaruhi atau menjadi sebab berubahnya bahan atau dapat menimbulkan variabel terikat. Ada empat variabel yang masuk dalam kelompok ini, efikasi diri, pengetahuan, motivasi, dan karakter. Sementara itu, variabel endogen (endogen variable) adalah variabel yang memengaruhi dan menjadikan akibat lantaran adanya variabel bebas. Ada dua variabel yang masuk dalam kelompok ini, yaitu kesiapan dan minat. Namun, kedua variabel ini juga digunakan sebagai variabel endogen dan eksogen (mediating/ intervening).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan minat kewirausahaan terhadap kesiapan kewirausahaan menunjukkan hasil positif signifikan. Berdasarkan hasil ini, penulis yang juga merupakan dosen di Sekolah Vokasi Perhubungan Udara akan berkontribusi langsung dalam penyusunan kurikulum pembelajaran pendidikan kewirausahaan di Sekolah Vokasi Perhubungan Udara. Dengan demikian, implikasi praktis berkaitan dengan temuan hasil penelitian disertasi ini adalah diterapkannya dalam tataran kebijakan dan operasional serta penulis berkontribusi untuk mempersiapkan lulusan Sekolah Vokasi Perhubungan Udara mampu berwirausaha sebaga alternatif karir untuk bersaing di dunia kerja.
Air Transportation Vocational Schools are often attached as official schools where graduates are ready to work after completing their education. In fact, many people are faced with the opposite situation. Not all graduates will immediately get a job in accordance with the major they were involved in while studying at the Air Transportation Vocational School.
Under these conditions, graduates are privileged to have other abilities in order to compete in the world of work, for example the ability to be entrepreneurial. The role of educators is needed to change the mindset of graduates who are job seekers to become job creators. To achieve this goal, the role of education is needed through the development of an entrepreneurship curriculum.
This is the background in this research. As an effort to prepare vocational schools at the Lower Ministry of Civil Aviation in carrying out the entrepreneurship education process, they must analyze the factors that influence the interest and readiness of cadets in the field of entrepreneurship. The purpose of this study was to analyze the direct or indirect influence of internal and external factors on entrepreneurial interest and readiness. This study uses primary data, a questionnaire via Google Form with a total of 416 respondents, proportional random sampling method and Structural Equation Modeling (SEM) analysis tools.
There are six variables in this study, namely interest, self-efficacy, knowledge, motivation, character, and readiness. Based on the theory that underlies this research, these variables can be divided into two, namely exogenous variables (exogenous variables) and endogenous variables (endogenous variables). Exogenous variables (exogenous variables) are variables that affect or cause changes in materials or can cause these variables. There are empathy variables included in this group, self-efficacy, knowledge, motivation, and character. Meanwhile, endogenous variables are variables that influence and cause consequences due to the presence of independent variables. There are two variables that fall into this group, namely readiness and interest. However, this second variable is also used as an endogenous and exogenous (mediating/intervening) variable.
From the results of the study, it can be said that the relationship between entrepreneurial interest and entrepreneurship shows significant positive results. Based on these results, the author who is also a lecturer at the Air Transportation Vocational School will contribute directly to the preparation of the entrepreneurship education learning curriculum at the Air Transportation Vocational School. Thus, it is useful with the findings of this dissertation research, namely its application at the policy and operational level and the author contributes to preparing Air Transportation Vocational School graduates to be able to become entrepreneurs as an alternative to compete in the world of work