PENENTUAN LOKASI DAN JUMLAH STASIUN MRT DAN LRT GERBANGKERTASUSILA
(STUDI KASUS KABUPATEN GRESIK)
DETERMINATION OF THE LOCATION AND THE TOTAL OF MRT AND LRT STATIONS GERBANGKERTASUSILA
(GRESIK DISTRICT STUDY CARE)
Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki rencana membangun tranportasi massal berbasis rel yaitu MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit) Gerbangkertasusila. Rencana pembangunan MRT dan LRT akan menghubungkan daerah Gresik Mojokerto Surabaya Sidoarjo Lamongan (Gerbangkertasusila) yang merupakan pusat perekonomian dan industri di Jawa Timur. Salah satu kota/kabupaten yang banyak perusahaan industri besar dan sedang adalah Kabupaten Gresik dengan 603 perusahaan. MRT dan LRT Gerbangkertasusila dapat menjadi alternative transportasi masal untuk mengatasi kemacetan jika penempatan sarana dan prasarana yang baik dan optimal. Pembanguan stasiun yang tidak optimal dapat mengakibatkan masyarakat yang awalnya ingin menggunakan moda ini namun malas memanfaatkan moda ini. Oleh sebab itu, pada tugas akhir ini saya akan melakukan penentuan lokasi dan jumlah MRT dan LRT Gerbangkertasusila di Kabupaten Gresik sesuai dengan permintaan. Penentuan lokasi dan jumlah stasiun berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dari demand perjalanan, tatagunalahan, intermodal, aksebilitas, dan jarak pada daerah studi. Metode dalam pengambilan data dengan menggunakan metode literatur, instansional terkait, kuesioner, dan obervasi lapangan. Metode kuesioner ini melakukan penyebaran kuesioner pada penumpang angktan umum tang sejajar dengan trase jalan rencana MRT & LRT, sedangkan observasi lapanyan yaitu dengan mengamati secara langsung dilapangan. Dari stidi ini didapatkan rekomendasi 5 lokasi stasiun MRT dan 4 lokasi stasiun LRT Gerbangkertasusila di Kabupaten Gresik. 5 stasiun MRT yaitu Stasiun MRT Sentolang, Stasiun MRT Randuagung, Stasiun MRT Kembangan, Stasiun MRT Bunder, dan Stasiun MRT Duduksampean. 4 stasiun LRT yaitu Stasiun LRT Yosowilangun, Stasiun LRT Sukomulyo, Stasiun LRT Manyarejo, dan Stasiun LRT JIIPE.
Kata Kunci: Stasiun, MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rapid Transit), Gerbangkertasusila, Kabupaten Gresik
The east Java Provincial Government has plans to buil rail-based mass transportation, namely the MRT (Mass Rapit Transit) and LRT (Light Rail Transit) Gerbangkertasusila. The MRT and LRT development plans will connect Gresik-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertasusila), which is the center of the economy and industry in East Java. One of Cities or districts that has many large and medium industrial companies is Gresik Regency with 603 companies. MRT and LRT Gerbangkertasusila can be an alternative to mass transportation to overcome congestion if the placemnt of facilities and infrastructure is good andoptimal. Station construction that is not optimal can result in people who initially want to use this mode but are lazy to use this mode. Treefore, in this final project, will determine the location and the total of MRT and LRT Gerbangkertasusila in Gresik Regency according to deemend. Determination of the location and number of stations based on considerations of travel demand, land use, intermodal, accessibility, and distance in the study area. Methods in collecting data using literature methods, related institutions, questionnaires, and field observations. This questionnaire method distributes questionnaires to passengers of public transportation that is parallel to the planned MRT & LRT route, while field observation is by observing directly in the field. From this study, recommendations ware made for 5 MRT Station locations and 4 LRT Gerbangkertasusila Station locations in Gresik Regency. There are 5 MRT Stations, namely MRT Sentolang Station, MRT Randuagung Station, MRT Kembangan Station, MRT Bunder Station, and MRT Duduksampean Station. There are 4 LRT Stations, namely LRT Yosowilangun Station, LRT Sukomulyo Station, LRT Sukomulyo Station, LRT Manyarejo Station, and LRT JIIPE Station.
Keywords: Station, MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rapid Transit), Gerbangkertasusila, Gresik District