Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
The Role of The Principal in Improving Teacher Performance
Tujuan studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penulisan studi literatur menggunakan pendekatan penelitian konseptual yang berkenaan dengan ide dan teori. Tahapan-tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: menyeleksi topik, mencari literatur, mengembangkan pendapat, dan survei literatur. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi. Hasil studi literatur menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator dalam meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan cara peningkatan kompetensi guru melalui diklat dan non-diklat, pelaksanaan supervisi akademik secara berkelanjutan, penciptaan budaya sekolah yang kondusif, dan pemberian reward atas hasil kinerja guru
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
The purpose of this literature studys aims to explain and analyze the role of the principal’s in improving teacher performance. Writing method of literature study using a conceptual research approach regarding ideas and theory. The stages in writing a literature study include: developing opinions, surveying literature, critique literature and writing reviews. Analysis of the data used is content analysis. The results of the literature study show the the role of the principal as educators, managers, administrators, supervisors, leaders, innovators and motivators in improving teacher performance can be done by increasing teacher competence through training and non-training, implementing continous academik supervision, creating a school culture that is conducive, and giving rewards for teacher performance results.
Keywords: Principal, Teacher Performance