Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media E- modul yang sesuai dengan kebutuhan serta telah memenuhi uji kelayakan dan uji keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation dimana tahapan nya secara berurutan diawali dengan pengumpulan informasi, menganalisis kebutuhan, merancang rancangan media, mengembangkan atau membuat media E- modul, setelah itu diterapkan dan dilakukan tes hasil belajar siswa.
Pengujian produk dilakukan di SMK NU Trate Gresik pada siswa kelas XI Multimedia. Data- data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media dan instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi didapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan pada ahli media juga mendapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81-100% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media E- modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media, pengembang menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%, nilai d.b= 31 – 1 = 30, kemudian diperoleh ttabel: 1,70 Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel yaitu 24,57 > 1,70. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan media E-modul tentang tipografi dalam pembelajaran produktif multimedia dapat memberikan pengaruh yang signifikan sehingga dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : E- modul, tipografi, produktif multimedia.
The purpose of this research is to produce an electronic media module that meets the needs and has fulfilled the feasibility and effectiveness test. The type of research used is research and development using ADDIE's development model which includes 5 stages, namely, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation, where the phases are sequentially preceded by Information collection, analyzing needs, designing media plans, developing or creating electronic media modules. After it was applied, a test over student learning results was conducted.
Product testing was conducted on Class IX Multimedia students of SMK NU Trate Gresik. Research data obtained using interview and questionnaire are used to determine media feasibility and test instruments are used to determine the effectiveness of media. Based on the results of data analysis, the feasibility test results of the electronic media module on the material expert obtained the results is categorized to be very good. The feasibility test results on the media experts also is also categorized to be very good. Meanwhile, the results of individual trials, small groups and large groups belong to the excellent category where the results gained are in percentage between 81-100% (very good).
It can be concluded that the electronic media module is proper to be used in the learning process. As for the media effectiveness, the developer uses a T-test with a significant level of 5%, value d. B = 31-1 = 30, then obtained T-table: 1.70. So T-count is greater than T-table, that is 24, 57> 1.70. From these results it can be stated that the use of electronic media module typographic material in multimedia productive learning can give a significant influence so it is declared effective to improve student learning outcomes.
Keywords: electronic modules, typography, productive multimedia subjects.