Penelitian pengembangan alat evaluasi High Order Thingking Skills dengan menggunakan Kahoot dengan untuk meningkatkan ketrampilan berfikir tingkat tinggi dengan memanfaatkan inovasi digital, meningkatkan efektivitas dalam kegiatan evaluasi serta meningkatkan hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, mendiskripsikan kelayakan alat evaluasi High Order Thingking Skills menggunakan Kahoot pada mata pelajaran perbankan dasar. Kedua, mendiskripsikan hasil belajar peserta didik uji coba terbatas sesudah melakukan kegiatan evaluasi High Order Thingking Skills dengan menggunakan Kahoot pada mata pelajaran perbankan dasar. Ketiga, mendiskripsikan hasil respon siswa dalam melakukan kegiatan evaluasi High Order Thingking Skills menggunakan Kahoot. Proses pengembangan alat evaluasi High Order Thingking Skills ini menggunakan desain model 4D. Namun tidak melaksanakan tahap penyebaran. Dan diujicobakan pada 20 peserta didik kelas X AKL di SMK PGRI 1 Jombang. Serta instrumen yang digunakan adalah lembar telaah dan validasi ahli evaluasi.
Hasil penelitian yang didapatkan dari pengembangan alat evaluasi High Order Thingking Skills menggunakan Kahoot dinyatakan sangat layak digunakan pada kegiatan evaluasi di kelas X AKL mata pelajaran perbankan dasar. Kelayakan alat evaluasi ditinjau dari aspek materi, hasil belajar peserta didik uji coba terbatas, dan respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi High Order Thingking Skills menggunakan aplikasi Kahoot ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran perbankan dasar kelas X jurusan akuntansi.
Kata Kunci Pengembangan, Alat evaluasi High Order Thingking Skills , Kahoot, Perbankan Dasar
Research on the development of evaluation tools for High Order Thingking Skills using Kahoot by increasing high-level thinking skills by utilizing digital innovation, increasing effectiveness in evaluation activities and improving learning outcomes.
The purpose of this study is, first, to describe the feasibility of the High Order Thingking Skills evaluation tool using Kahoot on basic banking subjects. Second, describing the learning outcomes, the test students were limited after evaluating the High Order Thingking Skills using Kahoot on basic banking subjects. Third, describe the results of student responses in evaluating High Order Thingking Skills using Kahoot. The development process of the High Order Thingking Skills evaluation tool uses a 4D model design. But it does not carry out the deployment stage. And it was tested on 20 AKL X grade students at SMK PGRI 1 Jombang. As well as the instruments used are the review sheet and evaluation expert validation.
The results obtained from the development of the High Order Thingking Skills evaluation tool using Kahoot were declared very feasible to be used in the evaluation activities in the X AKL class of basic banking subjects. Feasibility of evaluation tools in terms of material aspects, limited learning outcomes of student trials, and student responses. It was concluded that the Order evaluation tool used the Kahoot is very suitable for use in the X grade basic banking subjects majoring in accounting.
Keywords Development, Evaluation Tool for High Order Thingking Skills , Kahoot, Basic Banking