ABSTRAK
Maria Yuneri Eflianti. 2019. “Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XI, Semester I”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Syamsul Sodiq, M. Pd. dan (II) Dr. Suhartono, M. Pd.
Kata-kata Kunci: Pengembangan, Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan kualitas instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi yang valid, reliabel, dan efektif materi kelas XI, semester 1.
Rancangan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan model Borg & Gall yang dilakukan dalam sepuluh tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari tahap identifikasi masalah, tahap pengumpulan informasi, tahap desain produk, tahap validasi, tahap revisi produk 1, tahap uji coba produk 1, tahap revisi uji coba produk 1, tahap uji coba produk 2, tahap revisi produk 2, dan tahap menghasilkan produk yang menghasilkan produk tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Data penelitian baik data proses dan data kualitas dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil data proses yang diperoleh, tes hasil belajar yang dilakukan belum sesuai dengan tujuan penilaian mata pelajaran Bahasa Indonesia dan karakteristik siswa. Hasil validasi ahli untuk kisi-kisi dinyatakan valid dengan skor 0,333–1 untuk kisi-kisi butir soal; skor aspek butir soal pilihan ganda 3,40; skor masing-masing butir soal pilihan ganda 3,40; skor butir soal esei 3,25; skor butir soal menjodohkan 3,26. Hasil data kualitas menunjukkan: a) kevalidan butir soal pilihan ganda berdasarkan hasil uji coba produk 2, terdapat 28 butir soal pilihan ganda yang valid, 5 butir soal esai valid, dan 9 butir soal menjodohkan yang valid; b) Butir soal tes hasil belajar yang dikembangkan memiliki tingkat kereliabelan sedang untuk soal pilihan ganda; cukup tinggi untuk butir soal esei; dan sedang untuk butir soal menjodohkan; c) instrumen yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan rekapitulasi kualitas dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan valid, reliabel, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Mengacu pada hasil penelitian tersebut, butir soal tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk menyempurnakan penelitian ini dapat dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap pengembangan instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi mata pelajaran Bahasa Indonesia materi-materi tertentu atau kelas tertentu lainnya.
ABSTRACT
Maria Yuneri Eflianti, 2019. “The Development of High-Level Thinking Skills Tests for Indonesian Language Subjects, Class XI, Semester I”. Thesis, Indonesia Language Education Program, Postgraduate Program of Surabaya State University. Preceptor: (I) Dr. Syamsul Sodiq, M. Pd. and (II) Dr. Suhartono, M. Pd.
Key Words: Development, High-Level Thinking Skills Tests
The aims of this research are to describe the validity, reliability, and effective of process and quality of high-level thinking instruments in Indonesian language grade XI, semester I.
The design of development in this study uses the Borg & Gall model development model which is carried out in ten stages. The stages consist of the problem identification stage, the information gathering stage, the product design stage, the validation stage, the product revision stage 1, the product trial phase 1, the product trial revision stage 1, the product trial phase 2, the product revision stage 2, and the stage produce products that produce high-level thinking skills test products. Research data both process data and quality data were analyzed descriptively quantitative and qualitative. The results of the process data obtained, the test results of learning conducted are not following the objectives of the assessment of Indonesian subjects and student characteristics. The results of expert validation for the grid are valid with a score of 0.333-1 for the item grids; score aspects of multiple-choice items 3.40; the score of each multiple-choice item 3.40; a score of essay items 3.25; score-matched items 3.26. The quality of results data show: a) validity of multiple-choice items based on the results of the product 2 trial, there are 28 valid multiple-choice items, 5 valid essay items, and 9 valid matched items; b) The developed learning achievement test item has a moderate level of reliability for multiple-choice questions; high enough for essay items; and for match items; c) instruments developed are effective in increasing higher-order thinking skills. Based on the recapitulation of quality, it can be concluded that the assessment instruments developed are declared valid, reliable, and effective to improve higher-order thinking skills.
Referring to the results of these studies, the tests of high-level thinking that was developed can help students to improve their high-level thinking skills in solving Indonesian subject matter questions. To refine this research, further research can be carried out on the development of assessment instruments for thinking about the high-level of Indonesian language subject matter or certain other classes.