PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 6-10 TAHUN
BOARD GAME DESIGN AS ENGLISH LEARNING MEDIUM FOR CHILDREN 6-10 YEAR OLDS
Pada era globalisasi seperti sekarang ini sangat penting untuk menguasai bahasa internasional, salah satunya adalah bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris perlu diberikan sejak usia dini. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, anak seringnya kecanduan kepada permainan yang ada pada smartphone. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran bahasa Inggris melalui media yang menyenangkan, yaitu board game. Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: (1) Memberikan sesuatu yang baru yang menarik bagi anak-anak dengan memberikan apa yang tidak bisa dilakukan dengan smartphone mereka, yaitu teman bermain yang sesungguhnya, ruang gerak, dan interaksi. (2) Menciptakan suasana belajar sambil bermain dengan memberikan unsur interaktif yaitu sebagai contoh membaca, melakukan sesuatu dan lain sebagainya. (3) Beda halnya dengan Smartphone yang hanya dimainkan seorang diri, tentunya permainan board ini memerlukan teman secara nyata untuk memainkanya, sehingga, mereka akan melakukan interaksi langsung kepada partner bermainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan R&D menurut Borg dan Gall. Dengan mengkobinasikan kedua metode tersebut, ditemukan bahwa media pembelajaran bahasa Inggris dengan board game dinilai efektif karena banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh anak. Sehingga, orang tua dapat terbantu dengan adanya permainan ini.
Kata Kunci : Bahasa Inggris, Permainan, Media Pembelajaran, Permainan Papan.
In this era of globalization, it is very important to master international languages, one of which is English. English learning needs to be given from an early age. However, with today's technological advances, children are often addicted to games on smartphones. Therefore, this study aims to provide English language learning through a fun medium, namely board games. This study has the following objectives: (1) Provide something new that is interesting for children by providing what cannot be done with their gadgets, such as real playmates, space for movement, and interaction. (2) Trying to create a learning atmosphere by playing by providing interactive elements, for example reading, doing something and so on. (3) Unlike the case with gadgets that are only played alone, of course this board game requires real friends to play it, so they will interact directly with their playing partners. This research uses qualitative and R&D methods according to Borg and Gall. By combining the two methods, it was found that the medium of learning English with board games is considered effective, because it provides education as well as fun because there is a lot of knowledge that can be obtained by children. So, parents can be helped by this game.
Keywords: English, Game, Learning Media, Board Game.