Pendekatan kurikulum merupakan cara kerja dalam menerapkan strategi dan metode yang tepat dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan yang sistematis agar memperoleh kurikulum yang lebih baik serta dapat menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif bagi peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang 1) Deskripsi pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya 2) Implementasi pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya dan 3) Tolok ukur keberhasilan pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas yang mencakup triangulasi sumber, triangulasi dan membercheck uji validitas eksternal dependabilitas dan konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) Tahap persiapan 2) Tahap pelaksanaan 3) Tahap pelaporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pendekatan kurikulum Vista merupakan sebuah pendekatan yang menjembatani dari adanya perpaduan kurikulum yang diterapkan sekolah dan menjadikan Spiritual Paradigma sebagai core (inti) dari setiap materi yang diberikan kepada peserta didik dalam segala bidang pembelajaran. Kedua, Implementasi pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya diantaranya mencakup kesiapan dan motivasi guru dalam pengajaran versi Vista, bentuk metode pembelajaran, nilai dan pembiasaan dari penerapan pendekatan Vista, ketersediaan sarana dan prasarana, bentuk interaksi dalam mendukung penerapan pendekatan Vista. Ketiga, Bentuk Tolok ukur keberhasilan pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya yakni Pengontrolan pembelajaran melalui buku rapot internal dan rapot dari Diknas, respon orangtua peserta didik terhadap daya minat sekolah di SDIT AT-Taqwa, dan tindak lanjut dari evaluasi pelaksanaan pendekatan kurikulum Vista.
kata kunci : implementasi, pendekatan kurikulum vista
The curriculum approach is a way of working in applying the right strategies and methods by following the steps of systematic development in order to obtain a better curriculum and can apply more innovative learning for students in achieving educational goals. This study aims to describe and analyze about 1) Description of the Vista curriculum approach at SDIT At-Taqwa Surabaya; 2) Implementation of the Vista curriculum approach at SDIT At-Taqwa Surabaya; and 3) Measures for the success of the Vista curriculum approach at SDIT At-Taqwa Surabaya.
This study conducted a qualitative approach with a case study research design (case study). Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques used include data condensation, data presentation, and conclusion / data verification. The validity test of the data is done through a credibility test which includes source triangulation, triangulation and member check; external validity test; dependability; and confirmation. The stages of research conducted by researchers are 1) Preparation stage; 2) Implementation stage; 3) Reporting stage.
The results of the study show that first, the Vista curriculum approach is an approach that bridges the existence of a combination of curriculums applied by schools and makes Spiritual Paradigms the core (core) of each material given to students in all fields of learning; Second, the implementation of the Vista curriculum approach at SDIT At-Taqwa Surabaya includes teacher preparedness and motivation in the Vista version of teaching, the form of learning methods, values and habits of applying the Vista approach, the availability of facilities and infrastructure, the form of interaction in supporting the implementation of the Vista approach; Third, Form of Measure of the success of the Vista curriculum approach at SD-At-Taqwa Surabaya, namely the control of learning through internal report cards and report cards from the National Education Office, the parents' responses to the school's interest in SDIT AT-Taqwa, and follow-up evaluation of the Vista curriculum approach .
keywords: implementation, vista curriculum approach