PERANCANGAN KEMASAN JAMU SINOM PRODUKSI USTADZA GRESIK
PACKAGING DESIGN FOR SINOM HERBAL MEDICINE PRODUCED BY USTADZA GRESIK
Identitas visual adalah semua gambaran dan informasi grafis yang mengungkapkan suatu merek dan membedakannya dari merek lain. Beberapa pelaku usaha tidak mementingkan identitas visual terutama dalam bidang desain kemasan, salah satunya yaitu jamu sinom Ustadza yang bergerak di bidang minuman. Desain kemasan jamu sinom produksi Ustadza terlihat sama dan berseragam seperti kompetitor. Ibu Maimunah selaku pemilik usaha kurang memahami dan tidak memiliki kemampuan mendesain kemasan. Sehingga dilakukanlah perancangan kemasan jamu sinom produksi Ustadza yang menarik interaksi audiens. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis 5W+1H dan metode perancangan Design Thinking. proses perancangan diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Desain dibuat menggunakan elemen visual bertema minimalis, menggunakan jenis logo lettermark, font dekoratif dan perpaduan warna hijau dan putih. Perancangan ini menghasilkan desain kemasan primer dan kemasan sekunder. Dari hasil uji coba terbatas kepada audiens, desain kemasan yang telah dirancang dinilai memiliki tampilan yang lebih baik dan dapat menarik audiens terutama remaja.
Visual identity is all the graphic images and information that express a brand and differentiate it from other brands. Some business actors do not prioritize visual identity, especially in the field of packaging design, one of which is sinom herbal medicine produced by Ustadza which operates in the beverage sector. Ustadzas packaging design looks the same and uniform as its competitors. Mrs. Maimunah, as the business owner, does not understand and does not have the ability to design packaging. So Ustadzas packaging was designed to attract audience interaction. This research is qualitative research with the 5W+1H analysis technique and the Design Thinking design method. The design process begins by collecting primary and secondary data through observation, interviews and literature study. The design was created using minimalist themed visual elements, using a lettermark logo type, decorative fonts and a combination of green and white. This design produces primary and secondary packaging designs. From the results of limited trials with audiences, the packaging design that has been designed is considered to have a better appearance and can attract audiences, especially teenagers.