STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN KEGAWATDARURATAN MELALUI APLIKASI EMERGENCY BUTTON PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 DI RSUD DR. ISKAK KABUPATEN TULUNGAGUNG
THE IMPROVEMENT STRATEGY OF EMERGENCY SERVICE THROUGH EMERGENCY BUTTON PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 APPLICATION AT RSUD DR. ISKAK TULUNGAGUNG REGENCY
Aplikasi emergency button menjadi salah satu strategi yang direalisasikan oleh RSUD dr.Iskak Kabupaten Tulungagung sebagai salah satu sarana komunikasi untuk diintegrasikan dengan call center dalam program PSC. Aplikasi emergency button berfungsi untuk mempermudah masyarakat meminta bantuan atas segala kasus medis maupun non medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait strategi peningkatan pelayanan kegawatdaruratan melalui aplikasi emergency button public safety center (PSC) 119 di RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitian yang digunakan menurut Devry (dalam Ibrahim, 2008:79) terdiri atas : self esteem, exceed expectation, recovery, vision, improving, care, dan, empowerment. Teknik analisis data yang dipakai berupa analisis model data interaktif oleh Miles dan Huberman meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui : wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RSUD dr.Iskak Kabupaten Tulungagung telah mengeluarkan berbagai usaha guna menjalankan semua strategi secara maksimal. Self Esteem, pimpinan beserta manajemen sudah menjalankan perannya dengan baik dan memberikan dukungan besar dalam penlaksanaan aplikasi emergency button. Exceed Expectation, menggunakan SOP lainnya untuk mengcover SOP aplikasi emergency button yang belum ada disertai membuat revisi pada SOP penjemputan pasien. Recovery, memperhatikan dan menyediakan berbagai sarana komplain serta rutin melakukan monev. Vision, merencanakan pengembangan aplikasi dan implementasinya telah menggunakan teknologi hardware maupun software. Improving, memperbarui versi aplikasi juga menambah menu-menu baru dan ditunjang kegiatan kaizen. Care, melakukan serangkaian pelayanan prima untuk memberikan kepuasan serta menetapkan tolak ukur sebagai bahan evaluasi pelaksanaan. Empowerment, melakukan pemberdayaan internal dan eksternal serta menerapkan reward dan punishment.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Strategi , Aplikasi Emergency Button PSC
The emergency button application is one of the strategies realized by the dr.Iskak Regional General Hospital of Tulungagung Regency as a means of communication to be integrated with the call center in the PSC program. Emergency button application functions to make it easier for people to ask for help on all medical and non-medical cases. This study aims to determine and describe the related the improvement strategy of emergency service through emergency button public safety center (PSC) 119 application at RSUD dr.Iskak Tulungagung Regency.
This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. While the focus of research used according to Devry (in Ibrahim, 2008: 79) consists of: self esteem, exceed expectation, recovery, vision, improving, care, and empowerment. Data analysis techniques used in the form of interactive data model analysis by Miles and Huberman include: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. As for data collection techniques through: interviews, observation, and documentation.
The results of this study indicate that the dr.Iskak Regional Hospital of Tulungagung Regency has put out various efforts to carry out all strategies to the maximum. Self Esteem, the leadership and management have carried out their roles well and provided great support in the implementation of the emergency button application. Exceed Expectation, using other SOPs to cover SOPs for emergency button applications that do not yet exist accompanied by making revisions to SOP pickup patients. Recovery, pay attention and provide various means of complaints and routinely conduct monev. Vision, planning the development of applications and implementation has used hardware and software technology. Improving, updating the application version also adds new menus and is supported by kaizen. Care activities, conducting a series of excellent services to provide satisfaction as well as setting benchmarks as evaluation material for implementation. Empowerment, conduct internal and external empowerment and apply reward and punishment.
Keywords: Public Service, Strategy, PSC Emergency Button Application