KEKARYAAN HERI LENTHO: PROSES, KREATIVITAS DAN PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan ini berangkat dari rumusan permasalahan terkait; (1) bagaimana proses kekaryaan Heri Lentho, (2) bagaimana kreativitas Heri Lentho, dan (3) bagaimana penerapan nilai pendidikan dalam kekaryaan Heri Lentho. Rumusan tersebut mendiskripsikan tujuan dalam penelitian ini, yaitu proses kekaryaan Heri Lentho, kreativitas Heri Lentho, dan penerapan nilai-nilai pendidikan dalam kekaryaan Heri Lentho. Kajian teori yang melandasi penelitian terkait proses dan kreativitas kekaryaan Heri Lentho adalah kreativitas Csikszentmihalyi, proses kreatif Wallas, konsep berkarya Warsana; ide/ gagasan dan konsep garap. Sedangkan kajian pada penerapan nilai pendidikan berlandaskan pada konsep Panca Dharma Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berbasis studi tokoh dengan mengedepankan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan untuk menganalisis objek karya seni Heri Lentho yang berbasis ekspresi pertunjukan publik (kolosal), berjudul Sumpah Merah Putih, Surabaya Merah Putih dan Perang Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kekaryaan Heri Lentho berlandaskan pada tahapan penciptaan karya, meliputi tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Tahapan tersebut dilakukan Heri Lentho untuk mencapai pembentukan ide/ gagasan dan konsep garap karya kolosal Sumpah Merah Putih, Surabaya Merah Putih dan Perang Surabaya. Melalui proses kekaryaan tersebut dapat diketahui bahwa daya kreativitas Heri Lentho sebagai seniman memiliki sistem kreativitas yang dipengaruhi oleh lingkungan, peranan dan pikiran kreatif. Sistem kreativitas Heri Lentho dapat diwujudkan menjadi karya seni karena adanya modal kreativitas yang dimilikinya, yaitu modal kebudayaan, sosial, kreasi dan kerjasama. Proses kekaryaan dan daya kreativitas Heri Lentho tersebut dijalankan berdasarkan prinsip berkesenian untuk menebar nilai dengan melibatkan para generasi muda bangsa untuk ikut andil dalam proses penciptaan karya dan mengapresiasi karya seninya. Nilai-nilai yang diterapkan Heri Lentho dalam kekaryaan terhubung pada nilai-nilai pendidikan kodrat kemanusiaan, kemerdekaan, kebudayaan, dan kebangsaan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep kekaryaan Heri Lentho dapat diterjemahkan ke dalam hasil memperkaya budaya sebagai letak kebaruan kreativitas seorang seniman. Sebagaimana prinsip dan misi berkesenian Heri Lentho untuk “menebar nilai dan melibatkan” dapat dimaknai sebagai transfer knowledge melalui penerapan nilai-nilai pendidikan yang dirumuskan dalam pernyataan ekspresi pertunjukan publik (kolosal).
Kata Kunci: Proses Kekaryaan, Kreativitas, Nilai Pendidikan, Dramatari Kolosal.
ABSTRACT
This research departs from the formulation of related problems; (1) how is Heri Lentho's creative process, (2) how is Heri Lentho's creativity, and (3) how is the application of educational values in Heri Lentho's work. The formulation describes the objectives of Heri Lentho's creative process, Heri Lentho's creative work, and the application of educational values in Heri Lentho's work. The theoretical studies that underlie research related to the process and creativity of Heri Lentho's work are the creativity of Csikszentmihalyi, the creative process of Wallas, the concept of Warsana's work; ideas/ideas and working concepts. While the study on the application of educational values is based on the concept of the Panca Dharma Pendidikan Ki Hajar Dewantara. The method used in this study is a qualitative character-based study by prioritizing observation, interview, documentation and library techniques to analyze the object of Heri Lentho's artwork based on the expression of a (colossal) public performance, entitled Oath Merah Putih, Surabaya Merah Putih and the Surabaya War.
The results showed that Heri Lentho's creative process was based on the stages of creation, including the preparation, incubation, illumination and verification stages. These stages were carried out by Heri Lentho to achieve the formation of ideas and concepts in working on the colossal works of the Red and White Oath, the Red and White Surabaya and the Surabaya War. Through the work process, it can be seen that Heri Lentho's creative power as an artist has a creativity system that is influenced by the environment, roles and creative thoughts. Heri Lentho's creative system can be turned into a work of art because of his creative capital, namely cultural, social, creative and collaborative capital. The process of Heri Lentho's richness and creativity is carried out based on the principles of art to spread value by involving the nation's young generation to take part in the process of creating works and appreciating his artistic works. The values applied by Heri Lentho in his work are connected to the educational values of human nature, independence, culture, and nationality. Based on these results, it can be concluded that the concept of Heri Lentho's work can be translated into cultural enrichment results as the location of the novelty of an artist's creativity. As the principles and mission of Heri Lentho's art for “seeding”, namely experience, transfer and nursing knowledge which are “formulated” in the expression of public performances (colossal).
Keywords: Creative Process, Creativity, Educational Values, Dance- theater Colossal.