Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan metode drill & practice dan perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan metode drill & practice dengan menggunakan lembar kerja siswa.
jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Surabaya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X DPIB 2 dan X DPIB 3. kelas X DPIB 2 yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode drill & practice dengan menggunakan lembar kerja siswa.
hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan presentase sebesar 81,92% artinya pembelajaran menggunakan metode drill & practice termasuk kedalam kategori sangat layak. Perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 78, jadi menunjukan terdapat perbedaan antara kelas yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode drill & practice.
Kata Kunci: Keterlaksanaan, drill & practice, perbedaan hasil belajar.
This study to determine the feasibility of the drill & practice method and the difference in learning outcomes of experimental class and control class students with the drill & practice method using student worksheets.
the type of research used is quantitative which uses an experimental approach with research design posttest-only control design. the population of this study is class X DPIB 2 and X DPIB 3. Class X DPIB 2 that gets treatment uses drill & practice method by using student worksheet.
The results of the study of the implementation of learning get a percentage of 81,92%, which means that learning using the drill & practice method belongs to the very feasible category. Differences in student learning outcomes of class get an average value of 82 while the student learning outcomes of class control obtain an average score of 78, so it shows there is a difference between the classes that get traetment using drill & practice methods.
Keywords: Implementation, drill & practice, differences in learning outcomes.