ART PERFORMANCE MANAGEMENT (PEGAS) AT SMA NEGERI 1 PAMEKASAN
Pergelaran Seni (Pegas) merupakan kegiatan tahunan sekolah dan kegiatan unggulan sekolah yang dilaksanakan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamekasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pergelaran seni (pegas) yang terdiri dari manajemen produksi dan manajemen artistik serta untuk mengetahui hasil manajemen pada pergelaran seni (pegas). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pergelaran seni (pegas) yang dikelola oleh siswa kelas X terdiri dari manajemen produksi dan manajemen artistik dengan menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Hasil dari manajemen pergelaran seni (pegas) tersebut dapat dilihat pada keberhasilan dilaksanakannya pergelaran seni (pegas) seperti keberlangsungan acara, penyajian karya, penonton yang hadir, dan pendanaan atau sponsorship.
The Art Performance (Pegas) is an annual school activity and the school's flagship activity carried out by class of 10th students of SMA Negeri 1 Pamekasan. The aim of this research is to describe the management of arts performances (pegas) which consists of production management and artistic management and to determine the results of management at arts performances (pegas). This research uses a qualitative descriptive approach, data collection uses observation, interviews and documentation techniques. Data analysis goes through several stages such as data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity uses source triangulation and technical triangulation. The results of the research show that the management of arts performances (pegas) managed by class of 10th students consists of production management and artistic management by applying management functions, namely planning, organizing, mobilizing and supervising. The results of the management of the arts performance (pegas) can be seen in the success of the implementation of the arts performance (pegas) such as the continuity of the event, presentation of works, audience attendance, and funding or sponsorship.
Keywords: Management, Art Performance (Pegas)