The Influence of Outdoor Learning on Numeracy Literacy Skills of 4-5 Year-Old Children at PKK Bakalan Kindergarten, Kediri Regency
Hasil study pendahuluan yang dilakukan, ditemukan kemampuan literasi numerasi anak dalam menghitung dan menyebutkan angka masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan literasi numerasi anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bakalan Kabupaten Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain Pre-eksperimen jenis one group pretest postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 18 anak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan wilcoxon match and pairs. Hasil analisis penelitian menunjukkan adanya signifikasi, dengan nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Oleh karena itu Ha dapat diterima. Hasil dari adanya penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian stimulasi dalam bentuk kegiatan outdoor learning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak, karena pembelajaran di luar ruangan merupakan suatu pendekatan pendidikan yang menekankan eksperimen yang dilakukan secara langsung di lingkungan luar ruangan dan dapat diamati secara nyata oleh anak melalui indranya, seperti penglihatan dan pendengaran. Jadi kegiatan outdoor learning berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan literasi anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bakalan Kabupaten Kediri.
The preliminary study results showed that the numeracy literacy ability of children in the TK PKK Bakalan Kindergarten, Kediri Regency, is still low when it comes to counting and reciting numbers. Therefore, this research aims to determine whether there is an influence of outdoor learning on the numeracy literacy ability of children aged 4-5 years in the TK PKK Bakalan Kindergarten, Kediri Regency. The research approach used is quantitative with a pre-experimental design called "one group pretest-posttest design." The subjects in this study are 18 children aged 4-5 years. The data collected were analyzed using the Wilcoxon matched-pairs signed-rank test. The research analysis results indicated significance, with an Asymp.sig (2-tailed) value of 0.002 < 0.05. Therefore, the research hypothesis (Ha) can be accepted. The results of this research show that providing stimulation in the form of outdoor learning activities can improve the numeracy literacy ability of children, as outdoor learning emphasizes direct experimentation in the outdoor environment, which can be observed directly by children through their senses, such as vision and hearing. Therefore, outdoor learning activities have a positive impact on the development of numeracy literacy skills in children aged 4-5 years at the TK PKK Bakalan Kindergarten, Kediri Regency.