ABSTRAK
POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN
SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN
DI POS PAUD NUSA INDAH II DESA PANJANG
KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO
Nama : Ica Angger Pradesa
NIM : 21010034075
Program Studi : S-1
Prodi : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Heryanto Susilo, S.Pd M.Pd
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang
memberikan dasar Pendidikan kepada anak untuk menyesuaikan
diri dengan baik terhadap usia dan kedewasaannya. Dalam sebuah
keluarga, orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap
pendidikan anaknya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
ketertarikan penulis terhadap pola asuh orang tua di desa Panjang
yang berdampak pada perkembangan sosial-emosional anak.
Berdasarkan observasi di desa Panjang Terlihat bahwa orang tua
sering khawatir anaknya tidak berkembang seperti anak lainnya.
Pertanyaan penelitian ini dirumuskan sebagai “Bagaimana pola
asuh orang tua terhadap perkembangan sosialemosional anak usia
4-5 tahun di POS PAUD Nusa Indah II Desa Panjang Kec
Kedungadem Kabupaten Bojonegoro,
Tujuan penelitian ini Untuk Mendeskripsikan dan
menganalisis pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial
emosional anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Nusa Indah II Desa
Panjang Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro pada
pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah
mengunakan Pendekatan kualitatif, juga dikenal sebagai
penelitian kualitatif, adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk
memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, seperti
perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan.
Metode penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif
Pendekatan ini dipilih karena peneliti menganggap sangat cocok
dengan fokus masalah yang diambil yaitu mengenai Pola Asuh
Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia
Dini 4-5 Tahu, tema tersebut terkait dengan hal-hal yang abstrak
dan abstrak, sehingga tidak hanya dapat dibuktikan dengan angka
kuantitatif, tetapi juga harus dihayati dan dihargai melalui
perasaan dan perilaku responden. Penulis juga percaya bahwa
atributnya sangat sesuai dengan masalah yang menjadi subjek
penelitian.
Hasil penelitian yang diperoleh, berdasarkan deskripsi di
atas dan wawancara dan observasi peneliti tentang pola asuh
orang tua di PP Nusa Indah II di Desa Panjang Kec Kedungadem
Kabupaten Bojonegoro . Peneliti menemukan bahwa kualitas pola
asuh orang tua juga sangat penting untuk perkembangan emosi
anak. Orang tua berperan sebagai pembimbing dalam
perkembangan emosi anak, membimbing mereka ketika mereka
belum mampu melakukan kegiatan sendiri atau membimbing
mereka dalam hal bersikap baik. Orang tua berperan sebagai
pembimbing dengan menjelaskan dan memberi arahan dengan
memberi contoh terlebih dahulu, memberikan pengertian kepada
anak ketika mereka berperilaku buruk, dan memberikan
kesempatan kepada anak untuk melakukan hal yang sama. Orang
tua adalah contoh bagi anak, dan anak akan mengikuti contoh
orang tua. Oleh karena itu, saran agar orang tua mengontrol sikap
dan ekspresi emosi mereka dapat memengaruhi persepsi emosi
anak. Ini karena ekspresi seseorang terbentuk dari emosi, begitu
pula ekspresi emosi anak.
Kata Kunci: Pola Ausuh ,Perkembangan Sosial Emosional, Anak
Usia Dini