LIRIK LAGU GUNDUL-GUNDUL PACUL SEBAGAI TEMA MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA SMKN 5 SURABAYA
LYRICS OF THE SONG GUNDUL-GUNDUL PACUL AS A THEME FOR DRAWING ILLUSTRATIONS ON STUDENTS OF SMKN 5 SURABAYA
Indonesia memiliki banyak sekali lagu anak-anak. Ada lagu daerah, dan juga lagu modern. Ada banyak lagu, seperti Tokecang, Soleram, Cublak-Cublak Suweng, dan Gundul-Gundul Pacul yang semuanya merupakan lagu daerah anak-anak. Maka dari itu, peneliti ingin membuat ilustrasi seputar lagu Gudul-Gundul Pacul, yang merupakan salah satu lagu daerah anak-anak. Pasalnya, lirik lagu Gundul-Gundul Pacul banyak mengandung petunjuk bagi pemimpin dalam menjalankan amanat rakyat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pembelajaran gambar ilustrasi dengan tema lirik lagu Gundul-Gundul Pacul?; 2) Bagaimana hasil karya siswa dalam pembelajaran gambar ilustrasi dengan tema lirik lagu Gundul-Gundul Pacul?; 3) Bagaimana tanggapan dari siswa dan guru mengenai pembelajaran gambar ilustrasi dengan tema lirik lagu Gundul-Gundul Pacul? Tujuan pembelajaran ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepekaan dan kreativitas siswa sehingga dapat mengembangkan kesadaran terhadap nilai- nilai budaya yang tercermin dalam lagu daerah anak-anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari guru seni budaya beserta siswa X TFLM 1 (Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur) SMKN 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Pembelajaran menggambar ilustrasi dengan tema lirik lagu Gundul-Gundul Pacul dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Prosesnya meliputi proses penjelasan materi, membuat sketsa ilustrasi, penebalan dan arsir, dan yang terakhir adalah finishing. Hasil karya gambar ilustrasi dengan menggunakan media kertas A4 dan drawingpen pada siswa X TFLM 1 sudah cukup baik dalam aspek penguasaan media dan alat, teknik, kepekaan dan kreativitas dalam memvisualisasikan lirik lagu Gundul-Gundul Pacul. Hasil karya siswa yang medapat kategori sangat baik terdapat 2 siswa, sedangkan karya yang mendapatkan kategori baik terdapat 26 siswa, dan 3 siswa mendapatkan cukup. Tanggapan positif dari guru dan siswa diharapkan dapat memperdalam daya nalar, imajinasi, kreativitas, serta kerjasama.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, bahwa pembelajaran menggambar ilustrasi menggunakan tema lirik lagu Gundul-Gundul Pacul pada siswa X TFLM 1 di SMKN 5 Surabaya dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa, menambah wawasan serta minat siswa terhadap seni rupa, dan bisa mengekspresikan perasaan mereka kedalam sebuah gambar ilustrasi.
Kata Kunci: Pembelajaran, Menggambar Ilustrasi, Lagu Gundul-Gundul Pacul.
Indonesia has a lot of children's songs. There are folk songs, and also modern songs. There are many songs, such as Tokecang, Soleram, Cublak-Cublak Suweng, and Gundul-Gundul Pacul which are all children's folk songs. Therefore, researchers want to make illustrations about the song Gudul-Gundul Pacul, which is one of the children's folk songs. The reason is, the lyrics of the song Gundul-Gundul Pacul contain many instructions for leaders in carrying out the mandate of the people.
Based on the background above, the problem formulation is as follows: 1) How is the learning process of illustration drawing with the theme of Gundul-Gundul Pacul song lyrics? 2) How is the student's work in learning illustration drawing with the theme of Gundul-Gundul Pacul song lyrics?; 3) How is the response from students and teachers about learning illustration drawing with the theme of Gundul-Gundul Pacul song lyrics? The Purpose of this lesson is to foster a sense of senstivity and creativity of students so that they can develop cultural values that are reflected in childern’s folk songs.
This research uses a type of qualitative research, data sources are obtained from cultural arts teachers and students of X TFLM 1 (Metal Fabrication and Manufacturing Engineering) SMKN 5 Surabaya. Data collection techniques use observation, interview, and documentation techniques. to analyze data using data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
Learning to draw illustrations with the theme of Gundul- Gundul Pacul song lyrics was carried out for 2 meetings. The process includes the process of explaining the material, sketching illustrations, thickening and shading, and the last is finishing. The results of illustration drawings using A4 paper media and drawingpen on X TFLM 1 students are good enough in the aspects of mastery of media and tools, techniques, sensitivity and creativity in visualizing the lyrics of the song Gundul-Gundul Pacul. There were 2 students who got the excellent category, while 26 students got the good category, and 3 students got the fair category. Positive responses from teachers and students are expected to deepen reasoning power, imagination, creativity, and cooperation.
From the results of the research that has been done, that learning to draw illustrations using the theme of Gundul-Gundul Pacul song lyrics on X TFLM 1 students at SMKN 5 Surabaya can provide new experiences for students, add insight and student interest in fine arts, and can express their feelings into an illustration drawing.
Keywords: Learning, Drawing Illustration, Gundul-Gundul Pacul Song.