Viertual Reality telah banyak digunakan untuk video games,namun untuk memperkenalkan bangunan dan insfstruktur Gedung kampus masih jarang digunakan. Selama ini penyampaian infrastruktur Gedung kampus masih terbatas dalam bentuk iklan kertas dan webpage, oleh karena itu peneliti mengembangkan media dengan judul “Pengembangan Virtual Reality Berbasis Android Di Jurusan Teknik Elektro Unesa”. TujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanaplikasiVirtualRealityuntukmediapengenalanGedung- gedung yang berada diwilayah kampus.Metode penelitian ini menggunakan metode berfokus pada riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan perspektif subjek lebih ditonjolkan dalam penelitian ini.Hasil penelitian berupa Gedung virtual yang dibuat menggunalan Unity3D. Media ini dikembangkan First Person Controller. Objek Gedung dibuat menggunakan program sketchup yang kemudian diimport kedalam Unity3D, untuk selanjutnya diolah menjadi aplikasiVirtual.
Kata Kunci: Virtual Reality, Unity 3D,sketchup
Viertual Reality has been widely used for video games, but to introduce buildings and structures Campus buildings are rarely used. So far, the delivery of infrastructure in campus buildings is still limited in the form of paper advertisements and webpages, therefore researchers develop media with the title "Development of Android-Based Virtual Reality in the Department of Electrical Engineering Unesa". These research objectives are to produce applications of Virtual Reality for the introduction of buildings in the campus area. This method of research uses a method focused on descriptive research and tends to use analysis. The process and perspective of the subject are more highlighted in this study. The results of the research are virtual buildings made using Unity3D. This media was developed by First Person Controller. Building objects are created using the sketchup program which is then imported into Unity3D, to then be processed into Virtual applications.
Keywords: Virtual Reality, Unity 3D, sketchup