PENGARUH MEDIA ANGKLUNG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SEKOLAH DASAR
Listyaningsih, Selvi. 2023. Pengaruh Media Angklung Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A.
Kata-kata Kunci: Media Pembelajaran, Angklung, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh Media Angklung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar dan, (2) menganalisis pengaruh Media Angklung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar.
Dalam penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sesuai teori perkembangan kognitif Piaget menunjukkan bahwa usia 7 sampai 11 tahun berada pada tahap operasi konkret dengan kemampuan utamanya yaitu berpikir secara logis. Siswa memerlukan alat bantu dalam memahami materi ajar terlebih hal yang dipelajari tersebut tidak dapat diakses secara langsung oleh siswa sehingga guru harus berupaya untuk menghadirkan secara langsung melalui sebuah media pembelajaran yang menarik dalam proses belajar mengajar agar siswa tidak cepat bosan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media angklung yang diterapkan pada kelompok eksperimen. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan adalah Metode documenter, Kuisioner atau angket dan Tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Validasi instrument, Uji Reabilitas Instrumen, Analisis Data Tes Hasil Belajar, Analisis Data Angket. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-Test.
Sejalan dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif penggunaan media angklung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan penampilan siswa karena dapat mendorong siswa mendapatkan prestasi yang diinginkan dan membuat proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. (2) Ada pengaruh positif penggunaan media angklung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest.
Listyaningsih, Selvi. 2023. The Effect of Media Angklung on the Motivation and Learning Outcomes of Social Studies Grade IV Students in Elementary Schools. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisors: (1) Prof. Dr. orphan Riyanto , M.Pd. and (II) Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, MA
Key Words: Learning Media, Angklung, Learning Motivation, Learning Outcomes, Social Sciences, Elementary School.
This study aims to (1) analyze the effect of Media Angklung on student learning motivation in social studies class IV in elementary school and, (2) analyze the effect of Media Angklung on student learning outcomes in social studies class IV in elementary school.
In quantitative research by design study Pretest-Posttest Control Group Design. According to Piaget's theory of cognitive development, it is shown that aged 7 to 11 years are in the concrete operational stage with their main ability to think logically. Students need aids in understanding teaching material especially the things that are learned cannot be accessed directly by students so the teacher must try to present directly through an interesting learning media in the teaching and learning process so that students do not get bored quickly. The independent variable in this study is the angklung media applied to the experimental group. The dependent variable in this study is learning motivation and social studies learning outcomes of students. Data collection techniques and instruments used are documentary methods , questionnaires or questionnaire And test . Whereas technique data analysis using Instrument validation , Test Reability Instruments , Test Data Analysis Results Study, Questionnaire Data Analysis. Testing hypothesis use independent sample t-Test.
In line with the research objectives, the results of the study show that: (1) There is an influence positive the use of angklung media to motivation Study student on eye social studies lessons and has a very important role in the development of student performance because it can encourage students to get the desired achievements and make the learning process run well. (2) There is influence positive the use of angklung media to results Study student on eye social studies lesson. There is difference significant between pretest average value And post test .