Berbicara adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa. Namun, ada beberapa masalah yang biasanya dihadapi siswa dalam berbicara bahasa Inggris, seperti takut, malu, dan tidak termotivasi untuk berbicara. Dalam kasus ini, gambar seri cerita rakyat adalah bagian dari media visual yang bisa digunakan dalam mengajar berbicara nartif teks. Dalan pembelajaran narrative teks, siswa diminta untuk bercerita, oleh karena itu penting bagi siswa untuk mengorganisir cerita. Dengan demikian, dalam penelitian ini, peneliti akan mendeskripsikan cara guru dalam menggunakan gambar berseri cerita rakyat dalam mengajar berbicara teks naratif, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut.
Peneliti melaksanakan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Yang mana penelitian ini didesain untuk mendeskripsikan and mengidentifikasi proses belajar mengajar. Peneliti melaksanakan penelitian di SMAN 1 Badegan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan catatan lapangan dan wawancara. Dalam menganalisa data, peneliti mengikuti langkah dimulai dari familiarizing and organizing, coding and reducing dan representing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga langkah dalam penggunaan gambar seri cerita rakyat pada saat implementasi gambar seri cerita rakyat. Langkah-langkah tersebut ialah; pre activity, whilst activity dan post activity. Di sisi yang lain, terdapat beberapa masalah penerapan media ini seperti gambar yang membingungankan, gambar yang kurang jelas dan banyakknya jumlah gambar yang dideskripsikan. Untuk mengatasi masalah yang timbul, guru mempertimbangkan gambar yang sesuai dengan kriteria dalam pemilihan gambar, membagikan gambar berwarna dan memilih untuk menggunakan LCD proyektor dalam menunjukkan gambar. Penggunaan LCD ini memberikan kondisi yang lebih baik daripada gambar yang dicetak.
Speaking is one of skill that should be mastered to language learners. However, there are some problems that are usually faced by students in speaking English, such as being afraid, shy and unmotivated to speak up. In this case, folktales picture series is part of visual media that can be used in teaching speaking narrative text. In learning narrative text students are mostly asked to tell a story, that is why it is important for students to organize their story. Thus in this study, the researcher will describe the way how the teacher use folktales picture series in teaching speaking of narrative text, the obstacles, and the way to overcome it.
The researcher conducted this researcher by using qualitative research. This research is designed to describe and identify teaching learning process. The researcher conducted the study at SMAN 1 Badegan. For the data, the researcher used field notes and interview. In analyzing the data the researcher followed the phase from familiarizing and organizing, coding and reducing, and representing.
The result showed that in using picture series there are three phase in implementing this media. Those phase are pre activities, whilst activities and post activities. On the other hand, in implementing this media, there are some problems such as confusing pictures, unclear pictures and too many numbers of pictures. For the way in overcoming the obstacle, the teacher considered pictures which are suitable with criteria in selecting the pictures, distributed full color picture to each student and preferred to use LCD projectors in showing the pictures. It provided much better condition rather than printed pictures.