Perancangan E-Artbook Ande Ande Lumut Sebagai Ide Dasar Pengembangan Animasi
Designing Ande Ande Lumut E-Artbook as a Basic Visual Ideas for Animation Development
Perkembangan industri dari berbagai sektor semakin berkembang pesat, salah satunya adalah sektor industri ekonomi kreatif. Akan tetapi industri ekonomi kreatif yang berfokus pada pengembangan film, game, hingga animasi buatan lokal memiliki porsi yang lebih sedikit dibanding buatan luar. Hal ini dikarenakan kurangnya pengembangan konten-konten lokal oleh generasi muda. Padahal Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan budaya yang dapat dimanfaatkan ide konsepnya untuk mendorong perkembangan industri ekonomi kreatif, misalnya ide dasar visual dari Cerita Rakyat. Salah satu Cerita Rakyat yang berpotensi untuk diangkat sebagai ide dasar konsep visual adalah Ande Ande Lumut yang diwujudkan dalam bentuk artbook sebagai ide dasar visual pengembangan produk kreatif animasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep artbook Ande Ande Lumut sebagai ide dasar visual pengembangan animasi; (2) mendeskripsikan proses perancangan artbook Ande Ande Lumut sebagai ide dasar visual pengembangan animasi ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi literatur, yang diperoleh dari buku, website, jurnal, foto/gambar, yang relevan dengan perancangan artbook. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking oleh Kelley dan Brown (2018) yang meliputi emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari penelitian ini adalah berupa artbook Ande Ande Lumut sebagai ide dasar visual untuk pengembangan animasi.
Industrial development from various sectors is growing rapidly, one of which is the creative economy industry sector. However, the creative economy industry which focuses on the development of locally made films, games, and animation has a smaller portion than foreign production. This is due to the lack of development of local content by the younger generation. Even though Indonesia has a lot of cultural wealth that can be utilized for conceptual ideas to encourage the development of the creative economy industry, for example the basic visual idea of Folklore. One of the Folktales that has the potential to be appointed as the basic idea of a visual concept is Ande Ande Lumut which is realized in the form of an artbook as a visual basic idea for the development of animated creative products. This study aims to (1) describe the Ande Ande Lumut artbook concept as a visual basic idea for animation development; (2) describe the process of designing the Ande Ande Lumut artbook as a visual basic idea for the development of animation ?. This study uses a qualitative method, with data collection through literature studies, which are obtained from books, websites, journals, photos/pictures, which are relevant to the design of the artbook. This research uses the Design Thinking approach by Kelley and Brown (2018) which includes empathize, define, ideate, prototype, and test. The result of this research is an Ande Ande Lumut artbook as a basic visual idea for animation development.