Dalam era globalisasi saat ini, persaingan dunia bisnis semakin ketat. Perusahaan dituntut agar bisa menciptakan sebuah produk yang unik dan berbeda. Salah satunya dibidang olahraga, Nike merupakan pionir dibidang olahraga khususnya sepatu, nike harus mempertahankan posisinya ditangah persaingan yang ketat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membahas tentang pengaruh inovasi produk dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian Sepatu nike (studi pada pengunjung outlet nike di tunjungan plaza surabaya).
Responden dalam penelitian ini yaitu berusia minimal 19 tahun, pemilik sepatu nike yang pernah melihat Cristiano Ronaldo bermain menggunakan sepatu nike, dan sedang berada pada outlet Nike di Tunjungan Plaza Surabaya. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan judgemental sampling . Sampel yang digunakan sebanyak 121. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
In the era of globalization nowadays, competition in the business world getting tougher. For example competition in sport apparel like shoes and other sport equipment. Nike is one of top brand in sport world, Nike must survive from his competitor such as adidas and puma. The purpose of this study was to analyze and discuss the influence of product innovation and celebrity endorser on Nike shoes purchase decisions (study on visitors of Nike store in tunjungan plaza surabaya).
Respondents in this study were at least 19 years old, Nike shoes users, who were at Nike store in Tunjungan Plaza Surabaya. The method of determining the sample is non probability sampling and the sampling technique uses judgmental sampling. The sample used was 121. The data collection technique used in this study was a questionnaire. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis with SPSS 23 program.
The results showed that product innovation and celebrity endorser have positive influence on purchase decision.