Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model modul yang telah dikembangkan, kelayakan modul, serta respons siswa terhadap modul yang telah dikembangkan. Subyek penelitian adalah 20 siswa kelas XI APK di SMK Ketintang Surabaya. Jenis penelitian pengembangan menggunakan R&D dengan model pengembangan 4D. Pengembangan 4D terdiri dari tahapan penelitian yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahsa dan angket respon siswa. Hasil validasi ahli materi memperoleh sebesar 88,42% dengan kategori sangat kuat, hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 100% dengan kategori sangat kuat dan respon siswa memperoleh presentase sebesar 86,46% dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis portofolio layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, portofolio, dan Administrasi Sarana dan Prasarana
The aims of the research are to determine the model developed module development, determine the feasibility of the module, and students response to the module that have been developed. The subject of research is 20 students of XI APK in SMK Ketintang Surabaya. Type of research development using R&D with 4D Development model. 4D development consist of the stages of research are: define, design, development, and dissemination. The research instrument used in this research is matterial expert of validation sheet, language expert of validation sheet and students questionnare response sheet. The percentage result of matter expert is 88,42% with very strong category, percentage result of language expert is 100%, and result of percentage of student response equal to 86,46% with very strong category. The result that module of portfolio based learning can be the learning process.
Keywords: Learning Module, Portfolio, Administration Of Facilities And Infrastructure