MANAJEMEN PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO
SEMESTER CREDIT SYSTEM PROGRAM MANAGEMENT AT SMA NEGERI 1 BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan program Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bojonegoro, mendeskripsikan mengenai pelaksanaan program Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bojonegoro, mendeskripsikan mengenai evaluasi program Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program SKS ini dilakukan oleh kepala sekolah, tim pengembang kurikulum beserta stakeholder sekolah dalam merancang kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan SKS. Dalam perencanaan SKS memuat beberapa kegiatan diantaranya pengadaan sosialisasi, workshop, kunjungan atau study banding serta strategi yang disusun oleh tenaga pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran nantinya. 2) Pelaksanaan program SKS ini dilakukan dengan memuat dua tingkatan yaitu pelaksanaan tingkat satuan pendidikan dan tingkat kelas. Pelaksanaan tingkat satuan pendidikan ini yang memiliki tanggungjawab secara penuh yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah. Sedangkan pelaksanaan tingkat kelas yang bertanggungjawab secara penuh yaitu tenaga pendidik. 3) Evaluasi program SKS ini meliputi evaluasi yang ditujukan terhadap kurikulum, pengelola dan juga terhadap hasil belajar peserta didik. Evaluasi ini merupakan tahap pengumpulan data yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan, perubahan maupun penyempurnaan terhadap program SKS sehingga penyelenggaraannya dapat lebih efektif dan efisien.
Kata Kunci: program SKS, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
This study aims to describe the planning of the Semester Credit System (SKS) program at SMA Negeri 1 Bojonegoro, to describe the implementation of the Semester Credit System (SKS) program at SMA Negeri 1 Bojonegoro, to describe the evaluation of the Semester Credit System (SKS) program at SMA Negeri 1 Bojonegoro. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach. The data collection techniques used were interviews and documentation studies. The results showed that: 1) The planning of the SKS program was carried out by the principal, the curriculum development team and school stakeholders in designing activities related to the implementation of the SKS. In planning the SKS contains several activities including the provision of outreach, workshops, visits or comparative studies as well as strategies developed by educators in implementing learning later. 2) The implementation of the SKS program is carried out by containing two levels, namely the implementation of the education unit level and the class level. The implementation of this educational unit level has full responsibility, namely the principal as the school leader. Meanwhile, the implementation of the class level is fully responsible, namely the teaching staff. 3) The evaluation of the SKS program includes evaluations aimed at the curriculum, management and also on the learning outcomes of students. This evaluation is a data collection stage that will be used as material for consideration for making improvements, changes and enhancements to the SKS program so that its implementation can be more effective and efficient.
Keyword: Semester Credit System Program, Planning, Implementation, Evaluation