Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada saat beroprasi kapal juga memerlukan suplay air laut yang digunakan antara lain untuk sistem pendingin kapal, memasak dan mencuci, serta digunakan sebagai ballast, maka dari itu penggunaan kotak laut (sea chest) sangat diperlukan. Untuk menyaring benda-benda dan kotoran yang akan masuk ke dalam sistem kapal. Karena penempatan kotak laut (sea chest) berada dibawah permukaan air laut yang berdampak terjadinya korosi. Korosi adalah serangan yang bersifat merusak pada suatu logam oleh reaksi kimia atau elektrokimia dengan lingkungannya, namun korosi dapat dikendalikan atau di perlambat lajunya. Dalam penelitian ini menggunakan proteksi katodik arus terpasang sebagai upaya pengendalian laju korosi pada sea chest kapal. Yang bertujuan untuk mengetahui korosi terkecil agar jangka pemakaian kapal bisa lebih lama.
Ada 3 metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pertama hanya ada katoda (baja galvanis). Metode yang kedua ada katoda (baja galvanis) dan anoda (alumunium 5083). Metode ketiga ada katoda (baja galvanis), anoda (alumunium 5083), dan di beri arus listrik DC dengan variasi tegangan 3v, 6v, dan 9v. Ketiga metode menggunakan air laut yang sama, yaitu Lamongan dan Sidoarjo serta lama perendaman 12 jam. Standar pengujian yang dipakai adalah ASTM G31-72 untuk penelitian berskala laboratorium dan ASTM D1293 – 95 untuk pengukuran pH air laut. Kemudian dicari kehilangan berat (weight loss) terkecil yang menunjukkan metode terbaik.
Berdasarkan data yang diperoleh laju korosi tertinggi terjadi pada proteksi anoda korban, dengan laju korosi di air laut Lamongan 0,5778 mmpy dan di air laut Sidoarjo 0,4287 mmpy. Laju korosi terendah menggunakan proteksi ICCP 9V, di air laut Lamongan 0,1942 mmpy dan di air laut Sidoarjo 0,1340 mmpy. Jadi bisa disimpulkan bahwa metode pengendalian ICCP lebih baik dari pada proteksi anoda korban. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh tegangan listrik (ICCP) terhadap laju korosi, semakin besar tegangan listrik yang di alirkan maka laju korosi semakin rendah. Hasil penelitian menunjukkan hasil terbaik dari ketiga metode adalah dengan metode yang ketiga dengan laju korosi terkecil sebesar 0,1340 mm/tahun di air laut Sidoarjo dengan tegangan listrik 9V.
Kata Kunci : Sea Chest, Proteksi Katodik, Korosi, Air Laut, Baja Galvanis, Aluminium 5083.
This research is motivated because when operating a ship also requires a supply of sea water which is used, among others, for the ship's cooling system, cooking and washing, and used as a ballast, therefore the use of a sea chest is very necessary. To filter objects and impurities that will enter the ship's system. Because the placement of the sea chest (sea chest) is below the surface of the sea water which causes corrosion. Corrosion is a destructive attack on a metal by chemical or electrochemical reaction with its environment, but corrosion can be controlled or slowed down. In this study using cathodic protection installed current as an effort to control the rate of corrosion in the sea chest of the ship. Which aims to determine the smallest corrosion so that the ship's use period can be longer.
There are 3 methods used in this study, first there are only cathodes (galvanized steel). The second method is the cathode (galvanized steel) and the anode (aluminum 5083). The third method is cathode (galvanized steel), anode (aluminum 5083), and given a DC electric current with voltage variations of 3v, 6v, and 9v. All three methods use the same sea water, namely Lamongan and Sidoarjo and a 12-hour soaking time. The testing standards used are ASTM G31-72 for laboratory-scale research and ASTM D1293 - 95 for measuring sea water pH. Then look for the smallest weight loss that shows the best method.
Based on the data obtained the highest corrosion rate occurs in the protection of the sacrificial anode, with the corrosion rate in Lamongan sea water 0.5778 mmpy and in Sidoarjo sea water 0.4287 mmpy. The lowest corrosion rate using 9CC ICCP protection, in Lamongan sea water 0.1942 mmpy and in Sidoarjo sea water 0.1340 mmpy. So it can be concluded that the ICCP control method is better than the victim anode protection. This study also shows the effect of the electric voltage (ICCP) on the corrosion rate, the greater the electric voltage that is supplied, the lower the corrosion rate. The results showed the best results of the three methods was the third method with the smallest corrosion rate of 0.1340 mm
/ year in Sidoarjo seawater with 9V electrical voltage.
Keywords: Sea Chest, Cathodic Protection, Corrosion, Sea Water, Galvanized Steel, Aluminum 5083.