Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang hubungan antara Pendidikan Kepramukaan dengan Perilaku Prososial peserta didik SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di Gerakan Pramuka Gugus Depan 14001 dan 14002 Pangkalan SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah seluruh anggota dewan penggalang Pramuka SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo tahun ajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi langsung. Dalam penentuan valid dan relibel angket, digunakan uji validitas dan uji reliabilitas angket. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji linieritas data, dan uji hipotesis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai dalam pendidikan kepramukaan dan aspek-aspek perilaku prososial yang saling berhungan. Pada nilai data angket pendidikan kepramukaan terdapat nilai 1) spiritual sebesar 13%, 2) emosional sebesar 8%, 3) sosial sebsar 42%, 4) intelektual sebsar 17%, dan 5) fisik sebesar 17%. Sedangkan pada nilai data angket perilaku prososial terdapat aspek 1) menolong sebsar 20%, 2) berbagi rasa sebesar 23%, 3) kerjasama sebsar 19%, 4) menyumbang sebesar 13%, dan memperhatikan kesejahteraan orang lain sebesar 23%. Hubungan positif melalui analisis korelasi Product Moment diperoleh harga rhitung sebesar 0,510, sedangkan harga rtabel dengan N=57 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,261. Jadi harga rhitung lebih besar dari harga rtabel sehingga hubungannya positif dan signifikan dan menunjukkan hubungan yang sedang antara Pendidikan Kepramukaan dengan Perilaku Prososial. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan keaktifan mengikuti pendidikan kepramukaan dengan perilaku prososial siswa di SMP 1 Taman” diterima.
Kata Kunci : Pramuka, Pendidikan Kepramukaan, Perilaku Prososial
This study aims to describe and analyze the relationship between Scout Education and Prosocial Behavior of SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo students. This research was carried out in the Front Cluster Scout Movement 14001 and 14002 Pangkalan SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo.
This study uses a quantitative approach. The object of this research is all members of the scout board of SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo in the 2018-2019 school year. Data collection techniques using questionnaires, documentation and direct observation. In determining the valid and relible questionnaire, validity test and questionnaire reliability test were used. Analysis of the data used is the data normality test, data linearity test, and hypothesis testing data using product moment correlation.
The results in this study indicate that there are values in scout education and aspects of prosocial behavior that are mutually related. On the value of scout education questionnaire data there is a value of 1) spiritual at 13%, 2) emotional at 8%, 3) social as much as 42%, 4) intellectual as much as 17%, and 5) physical at 17%. Whereas in the prosocial behavior questionnaire data value there are aspects 1) helping as much as 20%, 2) sharing sense by 23%, 3) collaboration as much as 19%, 4) contributing 13%, and paying attention to the welfare of others by 23%. A positive relationship through Product Moment correlation analysis shows that the value of r count is 0.510, while the price of rtable with N = 57 at a significance level of 5% is 0.261. So the price of the calculation is greater than the price of rtabel so that the relationship is positive and significant and shows a moderate relationship between Scout Education and Prosocial Behavior. Then the alternative hypothesis (Ha) which reads "there is a positive and significant relationship between the activeness relationship between scout education and the prosocial behavior of students in SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo " accepted.
Keywords: Scout, Scout Education, Prosocial Behavior