Semakin bertambahnya jumlah penduduk yang mengalami obesitas pada orang dewasa menjadikan gaya hidup sehat lebih dilirik. Permasalahan tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan supplemen yaitu Herbalife untuk mempromosikan produknya melalui sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh Gaya Hidup Sehat dan Social Media Marketing terhadap Niat Beli.
Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan metode judgmental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 220 responden dimana responden yang dipilih adalah followers instagram Herbalife Indonesia dan mengikuti program penurunan berat badan. Skala pengukuran menggunakan skala rating. Analisis data menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Penyebaran angket dilakukan secara online menggunakan google form.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup sehat dan social media marketing berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gaya hidup sehat memiliki pengaruh lebih besar terhadap niat beli dibandingkan dengan variabel social media marketing.
Kata Kunci: Gaya Hidup Sehat, Social Media Marketing, dan Niat Beli
The increasing number of people who are obese in adults makes a healthy lifestyle more attractive. This problem was used by the supplement company, Herbalife, to promote its products through social media. This research aimed to analyze and discuss the ifluence of a Healthy Lifestyle and Social Media Marketing on Purchase Intention.
This study uses a nonprobability sampling method with judgmental sampling method. The number of samples in this study were 220 respondents where the selected respondents were Herbalife Indonesia Instagram followers and participated in a weight loss program. The measurement scale uses a rating scale. Data analysis uses multiple linear regression analysis tools. Distribution questionnaires are done online using google form.
This results show that healthy lifestyles and social media marketing have a significant effect of purchase intention. The results also show that healthylifestyle has a greater influence on purchse intention compared to social media marketing.
Keywords : healthy lifestyle, social media marketing, and purchase intention