ABSTRAK
Syaifuddin Zuhri Purnomo. 2021. Pengaruh blended learning
pembelajaran langsung dan
pembelajaran peer teaching berbasis zoom meeting terhadap hasil belajar bola basket di masa pandemi covid-19 . Tesis, Program Studi
Pendidikan Olahraga, Program
PAscasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.,
pembimbing II Dr. Abdul Rachman Syam T, M.Pd.
Kata Kunci: blended learning
pembelajaran langsung, pembelajaran
peer teaching
berbasis zoom meeting, hasil belajar bola basket,
masa pandemi covid-19 .
Kondisi yang
tidak dapat diperkirakan terdapatnya wabah penyakit Coronavirus Disease (Covid-
19) yang membuat
pergantian dengan cara seketika pada bermacam
zona. Keadaan itu pengaruhi perubahan-perubahan serta kebijaksanaan untuk diaplikasikan. Kebijaksanaan terkini yang mempengaruhi pembelajaran mengubah
penataran yang sepatutnya tiba ke sekolah, dalam perihal ini sekolah menganjurkan pembelajaran online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran blended learning
langsung dengan zoom meeting
terhadap hasil belajar
dribble dan passing bola
basket di masa pandemi, (2) model pembelajaran peer teaching
dengan zoom meeting terhadap
hasil belajar dribble dan passing bola basket di masa pandemi, (3) pengaruh model pembelajaran
blended learning dan peer teaching
dengan zoom meeting terhadap
hasil belajar dribble dan passing bola basket di masa pandemi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi).
Desain atau rancangan dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial. Variabel
bebas pada penelitian ini
yaitu model pembelajaran blended learning
langsung berbasis zoom meeting dan model pembelajaran peer teaching berbasis zoom meeting , dan variabel terikat yaitu hasil belajar dribble bola basket dan passing
bola basket. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa Kelas XI IP A 1 dan Kelas XI IPA 2 SMA Sejahtera Surabaya yang
berjumlah 64 siswa yang menggunakan teknik purposive
sampling. Analisa data yang
digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh perlakuan terhadap peningkatan variabel
terikat sebelum dan setelah perlakuan antar-kelompok digunakan
analisis statistik TWO ANOVA (Analysis of Variance ), dengan tingkat probabilitas 5% (0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Test of Between-Subjects Effect
uji Two Way Anova pada
hasil belajar dribble dan passing menunjukan
nilai sig > 0,05 (5%). Hal tersebut menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning dan peer
teaching dengan zoom meeting terhadap hasil belajar dribble dan passing bola
basket di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas
XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 di SMA
Sejahtera Surabaya.
Kesimpulan pada
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran
blended learning langsung dan
pembelajaran peer teaching berbasis zoom meeting terhadap
hasil belajar dribble bolabasket di masa pandemi COVID-19 pada siswa Kelas XI di SMA Sejahtera
Surabaya. Sesuai dengan hasil penelitian, maka
sebaiknya guru atau instruktur dapat memberikan blended learning dan pembelajaran peer teaching berbasis
zoom meeting di tengah masa pademi
COVID-19 pada
para siswa dalam menguasai teknik dan hasil belajar bola basket lebih optimal,
khususnya dalam melakukan teknik dribble
dan passing bola basket.