PENGGUNAAN MEDIA KARTU PANTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN WAUNG SIDOARJO
THE EFFECT OF USING RHYME MEDIA ON THE POETRY WRITING SKILLS OF FIFTH GRADE STUDENTS AT SDN WAUNG SIDOARJO
Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media pantun terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Waung Sidoarjo. Pengumpulan data pelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest ini dilakukan melalui observasi dan pemberian soal pretest-posttest. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam menulis pantun. Selain itu, siswa juga dapat memberikan respon yang baik dalam proses belajar mengajar terkait penggunaan media kartu pantun. Sedangkan untuk data keterampilan menulis pantun siswa menunjukkan predikat sangat baik pada aspek isi dan pengetahuan, predikat baik pada aspek penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan predikat baik pada aspek tampilan saat melafalkan pantun. Peningkatan keterampilan menulis pantun siswa juga dilihat dari nilai pretest dan posttest siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 60,45 menjadi 95,45. Hal ini menunjukkan bahwa media kartun pantun efektif digunakan guna menambah keterampilan menulis pantun kepada siswa.
Kata Kunci : media kartu pantun, keterampilan menulis pantun siswa
This study describes the effect of using rhyme media on the poetry writing skills of fifth grade students at SDN Waung Sidoarjo. The collection of quantitative descriptive research data with the design of One Group Pretest-Posttest was carried out through observation and giving pretest-posttest questions. The results showed that there was an increase in students skills in writing rhymes. In addition, students can also give a good response in the teaching and learning process related to the use of rhyme card media. Meanwhile, the data on students poetry writing skills showed a very good predicate on the content and knowledge aspects, a good predicate on the aspect of using Indonesian language properly and correctly, and a good predicate on the display aspect when reciting rhymes. The improvement of students poetry writing skills was also seen from the students pretest and posttest scores. The results obtained indicate that the average score of students has increased from 60.45 to 95.45. This shows that the rhyme cartoon media is effectively used to improve students poetry writing skills.
Keywords : media rhyme card, rhyme students writing skills.