Penerapan Pola Pikir Kritis Mahasiswa Program Sarjana pada Komposisi Esai Paper di Kelas Paper Writing
The Implementation of Undergraduate Students' Critical Thinking on the Composition of Paper Essay in Paper Writing Class
Sebagai salah satu skill abad ke-21, setiap mahasiswa dituntut untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis. Model yang dapat digunakan untuk mengamati dan mendorong kemampuan siswa untuk berpikir kritis adalah dengan memberikan mereka tugas untuk menulis paper writing. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis mahasiswa bisa terefleksikan dalam penulisan paper writing mereka, dan bagaimana mereka mengimplementasikan kemampuan berpikir kritis mereka dalam menulis paper writing. Objek penelitian ini adalah hasil tullisan paper writing dari 6 mahasiswa dan subjeknya adalah 15 mahasiswa di kelas Paper Writing B di UNESA. Peneliti akan menggunakan dua instrumen utama untuk mendiskusikan kedua tujuan penelitian, yaitu hasil penulisan mahasiswa dengan rubrik yang diadopsi dari Ball State University dan juga kuisioner. Selebihnya, peneliti juga akan melakukan wawancara sebagai instrument pelengkap sebagai pelengkap data yang diperoleh dari kuisioner. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa telah terefleksikan dalam tulisan paper writing mereka, khususnya dalam bagian sintesis dan parafrase. Tidak hanya itu, hasil dalam penelitian ini juga memperlihatkan bahwa mahasiswa tidak hanya mengimplementasikan kemampuan berpikir kritis dalam paper writing, tetapi juga dalam menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan hambatan yang mereka hadapi dalam proses penulisan paper writing mereka.
As one of the 21st-century skills, every student is required to acquire critical thinking skills. One way to investigate and encourage students' critical thinking is to assign them to write articles. Therefore, this study was conducted to determine how the students’ critical thinking is reflected in their paper writing and explore how they utilize their critical thinking to construct their paper writing. The objects of this study were six students’ paper writing results, and there were 15 students as the subjects in Paper Writing B Class in UNESA. This study used two main instruments to discuss two research objectives: the students’ paper writing results and the critical thinking rubric proposed by Ball State University and the questionnaire. In addition, the researcher also used unstructured format interviews as a complementary instrument to support the data obtained from the questionnaire. This study used descriptive qualitative as the research design. The results of this study showed that critical thinking had been reflected in the students' paper writing, specifically in synthesizing and paraphrasing. Furthermore, it was discovered that the students used critical thinking to develop their paper writing and determine appropriate solutions to tackle the problems they encountered while developing their writing.