Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan anggaran penjualan furniture pada CV. Sinar Laksana Jaya, dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kuantitatif. Melalui hasil wawancara dan dokumentasi, diperoleh bahwa selama ini, perusahaan belum melakukan penyusunan anggaran penjualan dengan tepat, hal ini dapat dilihat dari peran kebijakan pimpinan perusahaan yang mengatur sepenuhnya mengenai target penjualan yang akan dicapai pada periode mendatang berdasarkan asumsi dan pendapatnya sendiri (metode kualitatif judgement), yang memiliki kelemahan karena bersifat subyektif, sehingga taksirannya seringkali tidak sesuai dengan realisasinya. Perusahaan memerlukan perencanaan anggaran yang lebih rasional menggunakan metode kuantitatif yaitu Analisis Tren dengan maksud untuk menekan sedikit mungkin unsur subyektifitas, menggunakan perhitungan statistik dan didasarkan pada data historis penjualan perusahaan Hasilnya, dapat diketahui jumlah ramalan penjualan yang lebih rinci terkait jumlah produk yang dapat dijual perusahaan setiap bulannya, sehingga nilai anggaran menjadi lebih realistis dan mudah untuk dilakukan tindakan pengendalian pada kemudian hari.
Kata Kunci: Anggaran, Ramalan penjualan, Analisis Tren
The purpose of this paper is to find out how the budget for furniture sales on the CV. Sinar Laksana Jaya. This writing uses a descriptive approach with quantitative methods Through the results of interviews and documentation, it was found that the company had not carried out the preparation of the sales budget appropriately, it can be seen from the role of company leadership policies that fully regulate sales targets to be achieved in the coming period based on their own assumptions and opinions (qualitative judgment method ), which has weaknesses because it is too subjective, so the estimates are often not in accordance with their realization. This Companies need more rational budget planning using quantitative methods, namely “Trending Analysis” with the intention to reduce as little as possible the element of subjectivity. With these methods, estimated sales are calculated statistically and are based on historical sales data of the company several years earlier. As a result, it can be seen the number of sales forecasts that are more detailed related to the number of products the company can sell each month, so that the budget value becomes more realistic and easier to carry out control measures later on.
Keywords: Budget, sales forecast , Trending Analysis