ABSTRAK
Siswa seringkali mengeluh bahkan menolak apabila disuruh menulis puisi. Padahal pada kenyataannya, siswa dapat merangkai kata-kata puitis hanya untuk sekadar diunggah di laman media sosialnya. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang membosankan dan tidak menarik bagi siswa, sehingga siswa sering mengeluh ketika disuruh menulis puisi. Dalam hal ini, dibutuhkan alat penunjang yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan media Bombastis pada pelajaran teks puisi dan menulis puisi. Melalui media Bombastis, siswa dapat memahami materi puisi dan dapat menulis puisi dengan mudah berdasarkan gambar dan majas yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pengembangan media Bombastis dan (2) mendeskripsikan kualitas media Bombastis berupa kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sadiman, dkk. dengan 8 tahapan pengembangan media. Pengembangan media yang dikemukakan Sadiman dkk, sangat sesuai dan cocok untuk penelitian pengembangan media Bombastis. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Proses pengembangan media Bombastis dilakukan dengan mengikuti 8 tahapan yang dikemukakan oleh Sadiman. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 1 SMAN 12 Surabaya, validator media, materi, dan bahasa, serta pengamat, sedangkan teknik pengumpulan data berupa angket, validasi, observasi, dan tes.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang proses pengembangan media Bombastis dan mendeskripsikan tentang kualitas media Bombastis. Hasil proses pengembangan media Bombastis berupa angket kebutuhan siswa dan validasi media. Berdasarkan kedua penilaian tersebut, proses pengembangan media layak untuk digunakan pada pembelajaran menulis puisi. Sementara itu, hasil dari kualitas media Bombastis diperoleh dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Ketiga hal tersebut memiliki capaian hasil yang baik, sehingga media Bombastis merupakan media yang efektif untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya menulis puisi. Media Bombastis juga menjadimedia yang layak digunakan secara berkala.
Kata kunci: penelitian pengembangan, media Bombastis, menulis puisi.
ABSTRACT
The students often complain and even refuse when asked to write poetry. In fact, students can compose and make poetic words just to be uploaded on social media. This is caused by learning that is boring dan unattractive for students, so students often complain when asked to write poetry. In this case, support tools are neededd to solve that problem. The tools are called Bombastis which is used in poetry text and writing poetry lesson. With Bombastis, student can understand about the poetry text lesson and can write a poetry easily. The purpose of this research is (1) to describe about the process of Bombastis development and (2) to describe the quality of Bombastis which is about validity, practicality, and effectivity.
This research use development research method proposed by Sadiman and Co with 8 steps media development. This media development presented by Sadiman and Co, is very compatible and suitable for research development of Bombastis media. This research also use descriptive qualitative research method. Development research produce a product, which is media for learning. The process of media development carried out by following 8 step from Sadiman. The source of this research is student of X grade SMAN 12 Surabaya, media validator, material, and language, and also observer, whereas data are collected by questionnaire, validation, observation, and test.
The result of this research is describing about process meia development of Bombastis and describing about the quality of the media.the result of media development process of Bombastis is student needs questionnaire and meddia validation. Based on both assessment, medi development process are proper to use in writing poetry lesson. Meanwhile, result of media quality of Bombastis were obtained from the validity, practicality and effectivity of media. These three things have good results, so that Bombastis media is an effective media to help student to improve their learning outcomes, especially in writing poetry. The Bombastis media is also a media that is suitable for periodic use.
Keywords: development research, Bombastis media, writing poetry.