ABSTRAK
PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM BIMBINGAN KLASIKAL PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 22 SURABAYA
Nama : Ananda Febrilina Subiantara
NIM : 15010014041
Jurusan : S-1 Bimbingan dan Konseling
Program Studi : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan paket pelatihan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Paket ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan memberikan media pada pelaksanaan bimbingan klasikal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian pada paket pelatihan keterampilan berpikir kritis yang mencakup aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan) yang meliputi angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket validasi pengguna. Hasil rekapitulasi penilaian dari ahli materi dan pengguna menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas butir pernyataan yang bersifat positif sehingga skor CVI (Content validity index) yang diperoleh sebesar 0,772. Berdasarkan skor CVI (Content validity index) dari penilaian ahli materi dan pengguna dapat dikategorikan bahwa produk sangat sesuai dan memenuhi aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, kepatutan, ketepatan). Selain itu hasil rekapitulasi dari penilaian ahli media juga memperoleh skor CVI (Content validity index) sebesar 0,789 yang juga dapat dikategorikan bahwa produk sangat sesuai dan layak untuk digunakan. Hasil implementasi paket pelatihan keterampilan berpikir kritis menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan, Paket, Keterampilan, Berpikir Kritis
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF CRITICAL THINKING SKILLS
TRAINING PACKAGE IN CLASSROOM GUIDANCE ON STUDENT OF SMPN 22 SURABAYA
Name : Ananda Febrilina Subiantara
Registration Number : 15010014041
Program of Study : S-1 Guidance and Counseling
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Faculty of Education
Institutions : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.
The goal of this research is to develop of training package to increas critical thinking skills. This training is aimed to improve students’ critical thinking and giving media in classroom service. This research used ADDIE (analyzing, designing, developing, implementing, and evaluating) method. The data is collected using questioners in on critical thinking training including acceptability aspect (function, worthiness, efficiency, decency) including the questioner for proficient validation, mediator validation, and the user validation. The recapitulation of the questionnaires revealed that there are seventeen statements is valued as positive which is 0,772. As the result, based on CVI score (Content Validity Index), it can be concluded that the product is appropriate and in line with acceptability aspect (function, worthiness, efficiency, decency). In addition, the result of recapitulation from mediator according to CVI (Content Validity Index) is 0,789 which is categorized as appropriate and worth to be used. The result of implementation of package of critical thinking skill training showed improvement of students’ critical thinking skills.
Keywords: The development, package, skill, critical thinking