Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Tentu Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk
Student's Error Analysis In Solving Definite Integral Problem Based On Multiple Intelligences
Salah satu faktor siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika adalah kecerdasan siswa. Gardner menyebutkan terdapat delapan tipe kecerdasan siswa yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, gerak tubuh, musikal, spasial, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Kesalahan siswa dapat dianalisis dengan menggunakan analisis kesalahan milik Newman yang terdapat lima jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal integral tentu ditinjau dari kecerdasan majemuk. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa kelas 12 SMA Negeri di Sidoarjo yang masing-masing memiliki kecerdasan yang berkaitan erat dengan matematika yaitu kecerdasan logis matematis, kecerdasan linguistik serta kecerdasan spasial. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kecerdasan majemuk, soal integral dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kecerdasan logis matematis melakukan jenis kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban; (2) siswa dengan kecerdasan linguistik melakukan jenis kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban; (3) siswa dengan kecerdasan spasial melakukan jenis kesalahan membaca, kesalahan transformasi masalah dan kesalahan penulisan jawaban.
One of the factors that students perform errors in solving mathematic problem is student’s intelligence. Gardner mentioned there are eight types of multiple intelligences, there are linguistic, logical mathematical, kinesthetic, musical, spatial, interpersonal, intrapersonal and naturalistic. Student’s error can be analyzed using Newman’s error analysis which contains five types of errors, there are reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, and encoding error. This research is descriptive qualitative research which aims to describe the types of student’s error in solving definite integral based on multiple intelligences. The subjects of this research are three grade XII senior high school students in Sidoarjo whom have intelligences related to mathematic, there are logical mathematical intelligence, linguistic intelligence and spatial intelligence. Data was collected by giving multiple intelligences test, definite integral problems and interview. Data analysis technique are data reduction, data presentation and data verification. The result of this research showed that: (1) students with logical mathematical intelligence perform transformation error, process skill error and kesalahan encoding error; (2) students with linguistic intelligence perform reading error, comprehension error, transformation error, process skill error and encoding error; (3) students with spatial intelligence perform reading error, transformation error and encoding error.