Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
The Implementation of Project based Learning
Salah satu syarat yang harus dicapai oleh siswa dalam bahasa Inggris adalah agar dapat berbicara dalam target yang ditentukan. Namun proses belajar mengajar lebih menekankan pada keterampilan membaca daripada berbicara. Salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru adalah Pembelajaran Berbasis Proyek. Pembelajaran Berbasis Proyek mengacu pada model yang mengatur pembelajaran di sekitar batas pembalajaran. Para siswa diminta untuk membuat proyek yang akan ditampilkan di akhir pelajaran.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Penelitian ini dilakukan di ruang kelas. Subjek penelitian ini adalah seorang guru SMA di sebuah kota besar. Data dikumpulkan melalui observasi dengan menggunakan catatan lapangan. Setelah data dikumpulkan, mereka dianalisis melalui tiga langkah yaitu menyalin, mengategorikan, dan menafsirkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada enam langkah implementasi pembelajaran berbasis proyek yaitu memberikan pertanyaan penting, membuat rencana untuk proyek, membuat jadwal, mengamati siswa dalam kemajuan proyek, menilai hasil, dan mencapai puncak dalam proses evaluasi.
Kata kunci: keterampilan berbicara, pembelajaran berbasis proyek
One of requirements that is needed to be achieved by English learner is to be able to speak in a target language. Nevertheless, the teaching learning process emphasizes reading skill rather than speaking. The students need to be trained to speak in a target language thus they can communicate both written and oral using a proper English. One of possible methods that can be used by the teacher is Project-based Learning. Project-Based learning refers to a model that organizes learning around project. The students are required to create a project which will be demonstrated at the end of the lesson.
This research used qualitative design. This study was conducted in classroom. The subject of this study was a teacher of senior high school in a big city. The data were collected through observation by using field note. After the data were collected, they were analyzed through three steps which are transcribing, categorizing, and interpreting. The result of this study showed that there are six steps of implementation of Project-based learning namely giving essential question, designing a plan for a project, creating a schedule, monitoring the students and progress of the project, assessing the outcome, and culminating in the evaluating experience
Keywords: speaking skill, project-based learning