Menulis dengan bermain pasir warna merupakan kegiatan yang menarik untuk anak, dengan bermain anak akan secara tidak sadar juga melakukan kegiatan belajar. Ketika bermain pasir warna kegiatan yang dilakukan juga disertai alat pendukung seperti, cetakan huruf dan kartu huruf. Anak menulis di atas pasir warna secara langsung menggunakan jari – jarinya, karena anak suka bereksplorasi dengan pasir. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bermain pasir warna terhadap kemampuan menulis kelompok A di TK Kecamatan Wiyung Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen, desain penelitian quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu TK di Kecamatan Wiyung Surabaya. Sampel penelitian anak kelompok A berjumlah 36 anak yang masing – masing kelompok eksperimen dan kontrol berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U test.
Berdasarkan analisis data menggunakan Uji Mann Whitney U-test dengan program SPSS 23.0 didapatkan hasil hitung Z sebesar -4,457 dan signifikansi sebesar 0,000<0,05 hal tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis huruf kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil hitungan tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak. Hal tersebut menjadi dasar keputusan bahwa bermain pasir warna berpengaruh terhadap kemampuan menulis huruf kelompok A di TK Kecamatan Wiyung Surabaya.
Kata kunci : bermain pasir warna, kemampuan menulis huruf.
Writing by playing sand colour is an interesting activity for children, by playing children will unconsciously also do learning activities. When playing sand colour the activities carried out are also accompanied by supporting tools such as letters and letter cards. Children write on sand colour directly using their fingers, because children like to explore with sand. The aim of the study was to determine the effect of playing sand colour on the ability to write group A in the Kindergarten of Wiyung Surabaya.
The type of research used in this study is to use a quantitative approach to the type of experiment, a quasi experimental design with a nonequivalent control group design. The study population was kindergarten in the Wiyung Surabaya. The research sample of group A children was 36 children, each of which was an experimental group and a total of 18 children. Data collection techniques in this study used tests, observation and documentation. Data analysis techniques using the Mann Whitney U test.
Based on the data analysis using the Mann Whitney U-test with the SPSS 23.0 program the results of Z count were -4.457 and significance of 0.000 <0.05, which showed a significant difference in the ability to write letters of the control group and experimental group. The results of the calculation indicate that Ho was rejected. This is the basis of the decision that playing sand colour affects the ability to write letters in group A in the Kindergarten Wiyung Surabaya.
Keywords: playing sand colour, writing letters.