PELATIHAN MENGHIAS TAS SPUNBOND SEBAGAI ECO WEARABLE BAG
SPUNDBOND BAG DECORATE TRAINING AS ECO WEARABLE BAG
Kantong plastik yang masif, tidak terkendali, dan tidak disertai dengan pengelolaan sampah yang baik dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan makhluk hidup. Tas spunbond merupakan tas pengganti kantong plastik yang terbuat dari kain yang kuat dan dapat digunakan berkali-kali serta proses penguraiannya lebih mudah namun tas ini belum banyak yang meminati karena desainnya yang polos. Tas spunbond perlu diperbarui dengan cara dihias agar lebih menarik, menambah minat konsumen, tidak mudah luntur ketika dicuci dan lebih wearable. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pelatihan dan mengetahui hasil jadi produk. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi dengan lembar penilaian aktivitas instruktur yang dinilai oleh 2 observer juga dengan lembar penilaian hasil produk yang dinilai oleh instruktur dan ketua PKK Pogot IX. Hasil analisis data penelitian dengan instrumen penilaian disajikan dengan skala likert menunjukkan: 1) Dari 7 aspek penilaian aktivitas instruktur didapat nilai rata-rata 4,55 yang dikategorikan sangat baik; 2) Penilaian hasil jadi dari 5 aspek menunjukkan nilai rata-rata 86,3 yang diikategorikan baik.
Massive plastic bags, uncontrolled, and not accompanied by good waste management can pollute the environment and endanger the health of living things. The spunbond bag is a replacement bag for plastic bags made of strong fabric and can be used many times and have an easier decomposition process, but this bag has not been much interested because of its plain design. Spunbond bags need to be updated by being decorated to make them more attractive, increase consumer interest, do not fade when washed and are more wearable. This study aims to determine the training process and determine the finished product. The research method used was observation with an instructor activity assessment sheet which was assessed by 2 observers as well as a product result assessment sheet assessed by the instructor and the head of PKK Pogot IX. The results of the analysis of research data with assessment instruments presented with a Likert scale show: 1) From 7 aspects of instructor activity assessment, an average score of 4.55 is categorized as very good; 2) The finished result assessment of 5 aspects shows an average value of 86.3 which is categorized as good.