LANGEN KUSUMA'S MARKETING COMMUNICATION STRATEGY IN MAINTAINING EXISTENCE IN THE COVID-19 PANDEMIC
Penelitian ini mengulas tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh padepokan sanggar tariLangen Kusuma dalam mempertahankan eksistensinya di masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian terdahulumembuktikan bahwa strategi komunikasi pemasaran merupakan hal penting dalam menunjang keberlangsungan dankeberadaan sanggar kedepannya. Dengan menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian kualitatif. Padapenelitian ini, melakukan pengamatan dan wawancara berdasarkan data yang diperoleh dari sumber data primer. Hasildari penelitian ini menunjukkan bahwa sanggar tari Langen Kusuma menerapkan manajemen dan strategi komunikasipemasaran dalam pelaksanaannya. Beberapa tahapan fungsi manajemen yang diterapkan adalah perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Penerapan strategi komunikasi pemasaran menjadi landasan utamabagi padepokan sanggar tari Langen Kusuma untuk mempertahankan eksistensinya melalui aktivitas baru di masapandemi Covid-19 berupa iklan dan promosi pada media sosial, mengadakan lomba tari ganong virtual se-Indonesia,mengadakan pagelaran ujian akhir kelulusan dengan platform youtube secara live streaming, serta menjalin kolaborasidengan media telivisi. Sanggar tari Langen Kusuma terus berupaya dalam mengembangkan strategi dan inovasi barudengan fasilitas yang ditawarkan dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.KataKunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Sanggar Tari Langen Kusuma, Eksistensi.
This study reviews how the marketing communication strategy applied by the Langen Kusuma dance studio hermitagein maintaining its existence during the Covid-19 pandemic. Previous research has proven that a marketingcommunication strategy is important in supporting the sustainability and existence of the studio in the future. By usingcase study methods and qualitative research types. In this study, conducting observations and interviews based on dataobtained from primary data sources. The results of this study indicate that the Langen Kusuma dance studio appliesmanagement and marketing communication strategies in its implementation. Several stages of the management functionimplemented are planning, organizing, directing, and controlling. The implementation of marketing communicationstrategies is the main basis for the Langen Kusuma dance studio hermitage to maintain its existence through newactivities during the Covid-19 pandemic in the form of advertisements and promotions on social media, holding virtualganong dance competitions throughout Indonesia, holding final graduation exam performances on the YouTubeplatform bylive streamingand collaborate with television media. The Langen Kusuma dance studio continues to strive todevelop new strategies and innovations with the facilities offered and adapt to environmental conditions.Keywords: Marketing Communication Strategy, Langen Kusuma Dance Studio, Existence.