Efektivitas Video TED-ED sebagai Input Audiovisual dalam Kegiatan Menyimak
Abstrak
Technology, Entertainment, Design, and Education (TED-Ed) adalah situs web online gratis yang menyediakan berbagai materi video otentik yang mencakup topik pendidikan dan isu terkini bagi konsumen publik, terutama untuk guru dan siswa EFL. Keterampilan mendengarkan adalah bagian penting dalam pembelajaran bahasa kedua atau asing karena siswa memperoleh bahasa lisan dan kosakata baru yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, TED-ED dapat diterapkan sebagai bahan mendengarkan otentik di kelas EFL untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan mendengarkan antara sekelompok siswa yang diajarkan menggunakan video TED-ED dan sekelompok siswa yang diajarkan menggunakan jenis video lainnya. Populasi penelitian ini adalah 60 siswa kelas sebelas dari salah satu sekolah swasta di Surabaya. Dalam penelitian kuantitatif ini, data penelitian berasal dari tes pemahaman mendengarkan dan kuesioner. Peneliti menggunakan uji-T sampel independen untuk menganalisis data di aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian ditemukan bahwa skor uji-t adalah 2,176 lebih tinggi dari nilai kritis untuk 58 derajat kebebasan (df), dimana rata-rata nilai kelompok eksperimen (TED-ED) adalah 71,30 dan kelompok kontrol (jenis video lainnya) adalah 66,20. Oleh karena itu, hal tersebut membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam keterampilan mendengarkan antara siswa yang diajarkan dengan video TED-ED dan siswa yang diajarkan oleh jenis video lain. Penelitian ini juga mendapatkan persepsi positif dari siswa mengenai video TED-ED yang bermanfaat untuk kegiatan menyimak di dalam kelas.
Kata Kunci: TED-ED, Audio-visual, Keterampilan mendengarkan, Video animasi, dan Sekolah Menengah Atas.
Abstract
Technology, Entertainment, Design, and Education (TED-Ed) is a free online website which provides several authentic video materials covering educational topics and current issues for public consumers, particularly EFL teachers and students. Listening skill is an important part in second or foreign language learning because the students acquire new spoken language and target vocabularies used in daily communications. Hence, TED-ED can be applied as authentic listening materials in EFL classrooms to enhance student’s listening skill. This present study aims to find whether there is a significant difference in listening skills between students who were taught by TED-ED videos and those who were taught by other kinds of videos. The population of the study was 60 eleventh grade students from one of the private schools in Surabaya. This quantitative research collected the data from a listening comprehension test and a questionnaire. The researcher used an independent sample T-test to analyse the data in IBM SPSS 25 application. The result found that t-test score was 2.176 higher than critical value for 58 degrees of freedom (df), the mean of the experimental group (TED-ED) was 71.30 and the control group (other kinds of videos) was 66.20. Therefore, it proved that there was a significantly difference in listening skills between students who were taught by TED-ED videos and those who were taught by other kinds of videos. This study also got positive perception toward TED-ED utilized in listening activities from students.
Keywords: TED-ED, Audio-visual, Listening skill, Animated video, and Senior High School.