REPRESENTASI KONSEP HALAL PADA IKLAN KOSMETIK WARDAH
REPRESENTATION OF HALAL CONCEPT IN WARDAH COSMETIC ADVERTISEMENT
Wardah merupakan pelopor kosmetik halal lokal di Indonesia. Wardah menjadi salah satu merek yang menarik di kalangan wanita muslim dikarenakan ajang promosi dan beberapa kegiatan yang mengandung konsep halal. Berdasarkan tema tersebut Wardah menyuguhkan iklan berbentuk gambar dan video bernuansa halal agar selaras dengan tema yang diusung, tidak cukup hanya gambar dan video, Wardah memperkuat konsep halal dengan menggunakan teks atau takarir dalam unggahan. Konsep halal dibagi menjadi tujuh yaitu, identitas Islam, sesuai perintah Allah, baik bagi kehidupan, perilaku tanpa mengandung dosa, tidak berbahaya, mementingkan kesehatan konsumen, dan bermanfaat untuk lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep halal yang terkandung pada iklan Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik simak, catat, dan dokumentasi. Pada penelitian ini teori multimodal Kress dan Van Leuween yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini ditemukan tujuh konsep halal yang terkandung pada tataran bahasa, dua konsep halal pada gambar, dan lima konsep halal pada video publikasi Wardah. Melalui penelitian ini diketahui bahwa bahasa yang digunakan pada iklan dapat merepresentasikan konsep halal secara ekplisit, sedangkann iklan dengan model gambar merepresentasikan konsep halal secara simbolik dan implisit. Sebuah iklan dengan model video juga tidak kalah menarik, iklan dengan model video menyuguhkan kreativitas yang diselipkan berbagai makna. Video menyampaikan konsep halal secara detail dan mudah dipahami. Melalui video konsumen lebih memahami maksud yang ingin disampaikan oleh Wardah.
Kata Kunci: Wardah, Konsep halal, Bahasa, Gambar, Video
Abstract
Wardah is a pioneer of local halal cosmetics in Indonesia. Wardah is one of the most attractive brands among Muslim women due to promotional events and several activities that contain the concept of halal. Based on this theme, Wardah presents advertisements in the form of images and videos with halal nuances to be in line with the theme carried, not just images and videos, Wardah strengthens the halal concept by using text or caption in uploads. The concept of halal is divided into seven, namely, Islamic identity, according to Allah's commands, good for life, behavior without containing sin, harmless, concerned with consumer health, and beneficial to the environment. This study aims to determine the halal concept contained in Wardah advertisements. This research uses a qualitative approach with listening, note taking, and documentation techniques. In this research, Kress and Van Leuween's multimodal theory is used to analyze the data. The results of this study found seven halal concepts contained at the language level, two halal concepts in the image, and five halal concepts in Wardah's publication video. Through this research, it is known that the language used in advertisements can represent the concept of halal explicitly, while advertisements with image models represent the concept of halal symbolically and implicitly. An advertisement with a video model is no less interesting, an advertisement with a video model presents creativity tucked into various meanings. Videos convey the concept of halal in detail and are easy to understand. Through videos, consumers better understand the intention Wardah wants to convey.
Keywords: Wardah, Halal concept, Language, Picture, Video