ABSTRAK
Bintarawati, Yuni. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Materi Hukum-hukum Newton dengan Metode Inkuiri untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M. Pd. (2) Prof. Dr. H. Soenarjo, ST, M.Pd.
Kata-kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, metode inkuiri
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kelayakan perangkat pembelajaran Fisika materi Hukum-hukum Newton yang dikembangkan dengan metode inkuiri, yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Materi Ajar Siswa, Lembar Penilaian untuk menuntaskan hasil belajar siswa SMA. Perangkat tersebut diimplementasikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 20 Surabaya. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik (1) observasi/pengamatan, (2) pemberian tes dan (3) pemberian angket. Data keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan kendala-kendala yang ditemukan selama pembelajaran diperoleh melalui observasi dengan instrumen lembar pengamatan. Data tentang respon siswa diperoleh melalui angket yang diisi siswa. Data keterbacaan materi ajar diambil dengan instrumen keterbacaan materi ajar yang diisi siswa. Data tingkat kesulitan materi ajar siswa dan LKS diperoleh melalui angket tingkat kesulitan yang diisi oleh siswa. Sedangkan data tes hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar siswa. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dan dinyatakan dalam persentase.
Hasil penelitian pada uji terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut layak digunakan, sehingga peneliti melanjutkan penelitian uji lengkap (uji coba II) diikuti dengan Replikasi I dan II. Dari hasil uji lengkap ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu, perangkat pembelajaran berkategori valid dan dapat digunakan, tingkat keterbacaan buku siswa sebesar 87,16%, tingkat kesulitan materi ajar siswa 19,07%, tingkat kesulitan LKS 17,98%, efektivitas penerapan perangkat pembelajaran berkategori baik, aktivitas siswa berkategori aktif, respon siswa positif, berdasarkan nilai KKM yang ditetapkan sekolah ketuntasan mencapai 100 %. Perangkat pembelajaran Fisika materi Hukum-hukum Newton ini dapat diterapkan untuk pembelajaran siswa kelas X SMA
Bintarawati, Yuni. 2016. Development Learning Tool Matter Physics Newton's laws with the inquiry method to Finalizing Student Results SMA.Tesis, Science Education Program, Graduate Program, State University of Surabaya. Supervisor (1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M. Pd. (2) Prof. Dr. H. Soenarjo, ST, M.Pd. Key words: developing learning device, method of inquiry This research is a development, which aims to determine how the eligibility of the device physics learning material laws of Newton developed the method of inquiry, which includes Learning Implementation Plan (RPP), Activity Sheet Students (LKS), Teaching Materials Students, Sheets Assessment to complete high school student learning outcomes. The device was tested complete to students of SMA Negeri 20 Surabaya, three classes of X grade. The collection of data is done using a technique (1) observation , (2) administration of the test and (3) the provision of a questionnaire. The data of how learning can be implemented, student activities and obstacles encountered during the learning obtained through observation instruments. Data sheet on student responses obtained through a questionnaire completed student. Data taken with the legibility of the teaching materials teaching materials legibility instruments filled the students. Data level of difficulty of teaching materials and worksheets students obtained through a questionnaire filled out by the difficulty level of the students. While student achievement test data is obtained with the test results of the students' learning. The data was analyzed by descriptive qualitative and expressed as a percentage.
The results of the study on the first trial showed that the learning device is feasible to use, so researchers continued research exhaustive testing (testing II) with Replication I and II. From the complete test results can be seen from several indicators, namely, the validity of the learning device category and can be used, readability level student book by 87.16%, the level of difficulty of teaching materials students 19.07%, 17.98% LKS difficulty levels, effectiveness adoption of good learning tools category, student activities categorized as active, positive student response, based on the value assigned KKM individual schools reached 100% completeness. Device physics learning materials Newton's laws can be applied to teaching students of class X SMA.