Komunikasi Pemasaran Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Malang Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis
The Marketing Communication Of Malang Agro Niaga Jabung's Cooperation (KAN Jabung) to Face Business Rivalry
Koperasi di Indonesia seharusnya menjalankan fungsinya sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia. Namun saat ini keberadaan mereka justru memprihatinkan karena sumbangannya kepada PDB Indonesia masih kecil dan tidak bisa bersaing dengan organisasi bisnis lainnya. Salah satu koperasi di Indonesia yang berhasil bangkit dan mengatasi persaingan adalah Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Malang. Keberhasilan KAN Jabung ini ditunjang dengan kegiatan business to business mereka berupa bisnis susu segar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran business to business yang dilakukan oleh KAN Jabung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAN Jabung memiliki empat rangkaian strategi untuk menjalankan kegiatan business to business mereka, yaitu: penggunaan sistem Community Development (CD), pelayanan responsif, branding dengan bisnis susu olahan, dan pembentukan hubungan dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pelaku koperasi di Indonesia agar mereka dapat bersaing dengan organisasi bisnis yang lain.
Kata Kunci: business to business, koperasi, pemasaran
Cooperatives in Indonesia should run its function as one of the economic pillars in Indonesia. But nowadays their existence is quite a concern because its contribution to Indonesian GDP is still small and can not compete with other business organizations. One of the cooperatives in Indonesia that managed to rise and overcome the competition is the cooperative Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Malang. The success of KAN Jabung is supported by business to business activities in the form of fresh dairy business. This research was conducted to analyse how marketing communication activities of business to business conducted by KAN Jabung. The study used a qualitative approach with case study research methods. The data collection techniques used are interviews, and documentation. The results showed that KAN Jabung has four sets of strategies for conducting their business to business activities, namely: the use of Community Development (CD) systems, responsive service, branding with processed dairy business, and establishing relationships with Corporate Social Responsibility (CSR). This research is expected to be a reference for cooperative actors in Indonesia so that they can compete with other business organizations.
Keywords: business to business, cooperative, marketing