Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu untuk menunjang pemahaman siswa dalam menyampaikan materi. Pada penelitian ini, peneliti membuat media pembelajaran Exciting Animation untuk digunakan guru mata pelajaran sistem komputer sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Driyorejo dengan jumlah siswa 33 orang.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil dari angket menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi sistem komputer. Maka dari itu, peneliti membuat media pembelajaran Exciting Animation dimana media ini berisi materi dalam bentuk video animasi dan kuis untuk evaluasi belajar siswa.
Sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif, presentase ketuntasan siswa sebesar 45% dan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif, presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 79% dan siswa yang tidak tuntas dalam satu kelas sebanyak 7 orang dengan total siswa 33 orang. Maka dengan adanya media pembelajaran Exciting Animation ini hasil belajar siswa meningkat.
Learning media functions as a tool to support students' understanding in delivering material. In this study, researchers made learning media Exciting Animation to be used by computer system subject teachers as a tool in delivering material. The research subjects were class X multimedia students at Driyorejo State Vocational School 1 with 33 students.
This study uses the ADDIE model and data collection techniques using questionnaires. The results of the questionnaire show that students need learning media to help students understand the material of computer systems. Therefore, the researcher created the Exciting Animation learning media where the media contained material in the form of animated videos and quizzes for student learning evaluation.
Before using interactive learning media, the percentage of student completeness was 45% and after using interactive learning media, the percentage of student completeness increased to 79% and students who did not complete in one class as many as 7 people with a total of 33 students. So with the existence of Exciting Animation learning media, student learning outcomes increase.