Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Partisipatif
The Role of Teachers in Increasing Ips Learning Interest Using Participatory Learning Models
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya minat belajar siswa pada mata pelajaran ips yang kurang maka dari itu peran guru diperlukan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ips menggunakan model pembelajaran partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru sebagai motivator agar meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Labschool UNESA melalui model pembelajaran partisipatif dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat guru sebagai motivator. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan teks analisis. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ips memiliki peran diantaranya penggunaan media, pengorganisasian kelas dan menstimulus untuk memunculkan sikap partisipasi siswa pada mata pelajaran IPS dari semua peran guru di atas, bahwa yang dilakukannya sesuai dengan model pembelajaran partisipatif. Ada beberapa faktor pendukung guru saat pembelajaran meliputi: pemanfaatan teknologi yang sebaik mungkin dan efektif, kondisi emosional siswa yang baik, kondisi lingkungan yang mendukung, kualitas guru yang baik. Dan beberapa faktor penghambatnya meliputi: system pembelajaran jarak jauh yang kurang efektif, terkendala teknologi yakni: jaringan internet yang lambat, kondisi emosional yang kurang baik.